Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Sup Favorit Orang Manado

* Makanan Khas Minahasa: Resep Sup Brenebon + Sambal Dabu-dabu

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti de Jonge, historical book writer – Nederland

walentina01Ibu saya yang berasal dari Manado, sering menyebutkan kata-kata yang mirip dengan bahasa Belanda. Daerah di Indonesia yang masih kuat pengaruh Belandanya, memang di Sulawesi Utara. Ini baru saya sadari setelah saya tinggal di Belanda. Kata-kata Belanda, banyak kemiripannya dengan dialek Manado. Apa hubungannya dengan sup brenebon? Sup brenebon adalah makanan khas orang Manado. Brenebon berasal dari kata Belanda, bruinebonen, yang kalau diucapkan dengan cepat, kedengarannya menjadi "brenebon". Ada yang mengira kata bone (tulang/bahasa Inggris) adalah asal dari kata brenebon, sehingga mengira kata bon dari  brenebon artinya tulang. Sebetulnya tidak begitu. 

Foto: Sup brenebon atau sup kacang merah (Foto: Walentina Waluyanti)

bruinebonen1wmMeskipun sup brenebon biasanya pakai tulang, tapi kata "brenebon" tidak ada hubungannya dengan kata bone (tulang) dalam bahasa Inggris. Sampai sekarang, masih banyak pengaruh kosa kata Belanda pada dialek Manado. Begitu pula kata "sup brenebon", berasal dari kata Belanda, yang ejaannya, bruinebonen soep. Bruin artinya coklat. Bonen artinya kacang. Arti harfiah-nya adalah kacang coklat. Di mata orang Belanda, warna kacang ini adalah kecoklatan. Namun lain lagi di mata orang Indonesia yang menganggap kacang ini warnanya kemerahan. Istilah kacang merah adalah istilah bahasa Indonesia, dan istilah ini tidak digunakan oleh orang Manado. Sehari-harinya, orang Manado menyebutnya seperti orang Belanda melafalkannya, yaitu brenebon. 

Sup brenebon merupakan salah satu menu khas paling populer dari Minahasa, Sulawesi Utara. Aslinya sup brenebon ini disantap dengan kaki babi/daging babi. Di pesta-pesta orang Manado, juga pada hari spesial, misalnya Hari Natal, sup brenebon ini selalu pasti ada. Orang Manado memang sangat menggemari sup brenebon ini.

Di Belanda sendiri, bruinebonen soep alias sup kacang merah bukan termasuk menu favorit bagi kebanyakan keluarga. Memang, jika diolah dengan resep dan cita rasa ala Belanda, menurut saya rasanya kurang enak. Terlalu kental, miskin bumbu, terasa eneg.

Tapi jangan ditanya bagaimana sedapnya, jika dimasak dengan cita rasa Kawanua. Orang Manado bilang, "Pe sadaap do do e... !!!" Di Minahasa, sup kacang merah biasanya dicampur dengan daging sapi dan tulang iga, ada juga yang menggunakan daging babi/kaki babi.

Kuahnya yang sedikit kental karena lelehan sari kacang merah, membuat sup ini terasa nikmat, ditambah ramuan rempah cengkeh dan pala yang segar. Sedapnya sup ini semakin terasa, justru setelah disimpan semalaman. Orang yang sakit influenza dan demam, akan cepat pulih  jika menyantap makanan ini.  

Saya sendiri sangat menikmati sup ini jika disantap dengan nasi hangat, omelet, dan sambal dabu-dabu (resep sambal dabu-dabu, lihat di bawah). Hmmm, rasanya ingin nambah terus.

 Oleh karena ibu saya  orang Minahasa, sehingga sup brenebon bisa dikatakan menjadi salah satu menu rutin di keluarga. Berikut ini tips dan resep membuat sup brenebon.

Tips membuat sup brenebon daging sapi:

Sebelum menuliskan resep brenebon ayam di bawah ini, tak ada salahnya saya berbagi tips membuat sup brenebon sapi. Jika ingin membuat sup brenebon dengan daging sapi 300 gram, maka caranya sama dengan resep di bawah. Bedanya, potong daging sapi sesuai selera sebelum direbus. Atau bisa juga daging direbus utuh, nanti dipotong setelah daging agak matang, kemudian dicemplungkan lagi ke dalam air kaldu. Jika suka, tambahkan tulang iga sapi untuk menyedapkan kaldu. Pertama rebuslah air (kira-kira 1 liter) hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan daging+tulang iga bersama laos, daun salam, butiran cengkeh, garam. Tunggu sebentar hingga air kembali mendidih. Setelah kembali mendidih dan daging tampak berubah warna, segera kecilkan api, lalu tutup pancinya. Rebus daging sapi+tulang dengan api kecil, sedikit lebih lama daripada daging ayam, selama kira-kira 2 jam atau lebih. Tergantung apakah dagingnya sudah cukup empuk. Maksud merebus daging sapi dengan api kecil dan agak lama (panci ditutup), adalah agar  tekstur daging tetap empuk dan lembut. Selain itu akan diperoleh rasa kaldu yang telah benar-benar meresap dari daging dan tulang.
bruinebonen5wm

Sup brenebon daging sapi dengan taburan irisan daun bawang. (Foto: Walentina Waluyanti)

Tips untuk mengentalkan kuah sup brenebon:

Jika Anda termasuk penyuka sup brenebon dengan kuah kental, bisa dicoba tips ini. Lebihkan sedikit takaran kacang merah sebelum merebus. Karena sedikit kacang merah yang telah matang dan lunak akan disisihkan (3 atau 4 sdm), untuk khusus dilumatkan. Tentu saja kacang merahnya jangan dilumatkan seluruhnya. Sedikit kacang merah yang lumat tadi bisa dicampur di kuah sup brenebon yang telah matang, sehingga diperoleh kuah yang agak kental. 

RESEP SUP BRENEBON AYAM

Bahan:

  • 500 gram kacang merah mentah atau 700 gram kacang merah siap pakai dalam kemasan botol/kaleng (jika menggunakan kacang merah mentah, rendam semalaman dengan air hangat sebelum direbus agar cepat empuk)
  • 300 gram dada ayam atau paha ayam, agar tak anyir, taburi garam dan perasan jeruk, diamkan 30 menit – 1 jam, lalu bilas sebelum diolah (Sebaiknya tidak menggunakan ayam filet untuk membuat sup ini, karena rasa kaldu ayam akan lebih gurih dari ayam yang masih utuh dengan tulang dan kulitnya).
  • Jika suka, irisan dari 2 batang wortel, tapi tidak pakai wortel juga sudah enak
  • Irisan bawang merah 3 sdm (jika suka tambah 1 bawang bombay, kupas, sementara biarkan utuh, untuk penyedap kaldu, tapi tanpa bawang bombay juga brenebon sudah enak).
  • Irisan bawang putih 1 sdm; Daun bawang iris 2 batang; Daun sup/seledri iris 2 sdm; Laos 2 cm (tidak harus pakai laos); Daun salam 2 lembar; Kaldu blok rasa ayam; Butiran cengkeh ½ sdt; Pala bubuk 1 sdt; Kayu manis bubuk ½ sdt; Merica  bubuk 1 sdt; 3 sdm minyak goreng/margarine untuk menumis bawang; 700 ml air atau 5 gelas air untuk merebus daging (kira-kira sampai daging ayam terendam); Bawang merah goreng untuk taburan (optional); Garam secukupnya.

bruinebonen2wm

Sebaiknya tidak menggunakan ayam filet untuk membuat sup kacang merah kaldu ayam. (Foto: Walentina Waluyanti)

Cara membuat:

  • Jika menggunakan kacang merah mentah, bilas kacang merah mentah hingga bersih kemudian rebuslah hingga lunak. (Tips merebus kacang merah mentah: Sebelum direbus sebaiknya kacang merah mentah direndam semalam dengan air yang baru dididihkan). Di sini saya menggunakan kacang merah siap pakai dalam kemasan.
  • Sementara menunggu kacang merah matang, siapkan panci terpisah lain untuk merebus daging ayam. Tuangkan kira-kira 1 liter air ke panci itu. Kemudian rebuslah air sampai mendidih. Jika air sudah mendidih, masukkan ayam, butiran cengkeh, daun salam, laos (tidak harus pakai laos), garam. Jika suka, ini tidak harus, masukkan juga bawang bombay utuh, sengaja tidak diiris, karena kaldu direbus agak lama, sehingga bawang bombay akan menjadi lunak, dan esens bawang bombay akan larut seluruhnya ke dalam kaldu, sehingga menyedapkan kaldu. (Jika sup telah matang, bawang bombay yang telah sangat lunak, bisa disisihkan).
  • Selanjutnya tunggu sesaat sampai air mendidih lagi. Setelah air di panci berbuih mendidih, kecilkan api. Tutup panci. Rebus dengan api kecil hingga kurang lebih 1½ jam.
  • Setelah ayam empuk, keluarkan dari panci. Lepaskan kulit, dan tulangnya, lalu daging ayam disuwir kecil-kecil, masukkan kembali ke panci. Masukkan juga kacang merah yang telah matang beserta kaldu kacang merahnya.
  • Di wajan terpisah, tuangkan 3 sdm minyak goreng/margarine, tumis irisan bawang putih dan irisan bawang merah. Setelah bawang layu dan wangi, matikan api. Masukkan dan campurkan tumisan bawang putih dan merah ke dalam panci berisi sup kacang merah.
  • Aduk sup dan bubuhi merica, pala bubuk, bubuk kayu manis, kaldu blok. Rebus sampai kuah agak mengental oleh lelehan sari kacang merah. Setelah kuahnya sedikit kental oleh sari kacang merah, masukkan irisan daun bawang dan irisan daun sup.Setelah matang, matikan api.
  • Jika suka, taburkan bawang merah goreng. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal dabu-dabu (Resep sambal dabu-dabu, lihat di bawah).

bruinebonen3wm

Sup brenebon daging ayam (atas) dan sambal dabu-dabu (bawah) -  Foto: Walentina Waluyanti

bruinebonen6wm

Resep sambal dabu-dabu: Iris-iris bahan-bahan yaitu 10 cabe rawit merah (atau sesuai selera pedas); 6 siung bawang merah (kalau pakai bawang bombay besar cukup 1-2 buah); 8 tangkai daun kemangi (bisa pakai daun mint); 2 tomat; 2 jeruk nipis yang diiris kotak kecil-kecil. Ada juga yang suka menambah irisan halus 2 cabai besar hijau, tapi ini tidak harus. Campur dan aduk semua irisan tadi, lalu bubuhi 1 sdm air jeruk nipis, garam secukupnya, jika suka bisa bubuhi ½ sdt gula pasir. Sambal dabu-dabu ini juga nikmat disantap dengan ikan panggang/ikan bakar ataupun ikan goreng. Selamat mencoba!

Ingin mencoba pastel Manado yaitu panada seperti di bawah ini? Silakan klik: Resep Panada

panada4wm

Panada Manado ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Ingin menikmati bakso di bawah ini, silakan klik=> Resep Bakso

DSC 0550wm

Bakso ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Baca juga, klik:

Pengalaman Bertetangga di Belanda

Makan Sate di Belanda, Ogah Sate Palsu

Tak Mirip Nasi Ibu Tien

Resep dan foto:  Copyright @ Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2012. All rights reserved.
Designed by olwebdesign.com