< A room without books is like a body without a soul >

Sayur Asem Belimbing Wuluh dan Sambal Belimbing

Resep dan foto: Walentina Waluyanti - Nederland

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, mungkin reaksi Anda biasa-biasa saja kalau disuguhi sayur asem dan ikan asin. Tetapi bagi kami yang tinggal di Belanda, ketemu hidangan tadi serasa mendapat hidangan yang mewah banget. Maklum, hidup di Belanda membuat Anda dengan mudah setiap saat, di mana saja, bisa menemui hidangan Eropa. Ini malah membuat bosan, terutama bagi yang kangen makanan tanah kelahiran.

Di Belanda, jika ingin menyantap “makanan kampung” butuh waktu dan kerepotan tersendiri untuk membuatnya. Jarang yang menjualnya sebagai hidangan siap saji. Karenanya, buat saya yang tinggal di Belanda, “makanan kampung” justru terasa mewah dan maknyus.

Sewaktu mengunjungi Pasar di Kota Beverwijk, Belanda saya terkejut sekali ketika melihat ada yang menjual belimbing. Sebelumnya saya tidak pernah meihat ada toko Indonesia yang menjual buah asam ini. Saya langsung membelinya karena sudah kangen kepingin makan sayur asem pakai irisan belimbing, kangen bikin sambel belimbing, ataupun bumbu sate yang pakai irisan belimbing. Ah, sedapnya.

Biasanya sayur asem pakai potongan jagung, daun dan buah mlinjo, tetapi di sini saya membuatnya dengan sederhana. Yaitu pakai rebusan kacang tanah yang membuat kuah sayur punya rasa khas, ditambah kacang panjang dan labu siam.

Resep Sayur Asem Belimbing

DSC 0215awm

Sayur asem belimbing wuluh, lauk ikan dan sambal tempe.(Foto: Walentina Waluyanti)

Bahan: Labu siam 1 buah potong kotak kecil, 100 gram irisan kacang panjang (bisa diganti buncis); 75-100 gram kacang tanah mentah; 10 buah irisan belimbing; laos 2 cm dikepruk; daun salam 2 lembar; 1 buah cabai besar (hijau atau merah) diiris tipis; ½ sdt garam; ½ sdt gula pasir.

Bumbu yang dihaluskan: 4 siung bawang merah; 2 siung bawang putih; 3 buah kemiri.

Cara membuat: Rabus kira-kira 500 ml air di panci bersama kacang tanah mentah, laos, irisan cabe besar, dan daun salam. Biarkan hingga kacang tanah matang. Lalu masukkan bumbu yang dihaluskan. Masukkan sayuran dan irisan belimbing. Bubuhkan sedikit garam dan gula. Setelah sayur matang (tidak perlu terlalu matang), hidangkan hangat-hangat dengan nasi dan lauk pauk sesuai selera. Di sini saya menyajikan dengan ikan goreng, sambal tempe dan perkedel. 

Sayur asem cocok dinikmati dengan ikan asin ataupun ikan goreng. Lebih mantap ditambah sambal. Jika ingin mencocol ikan dengan sambal belimbing, bisa mencoba resep di bawah ini.

DSC 002awm

Sambal belimbing ala Walentina. (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep Sambal Belimbing

Bahan: 10 cabe rawit (atau menurut selera pedas); 6 cabai hijau besar; 2 tomat hijau besar; 6 buah belimbing asam yang diiris tipis,; 4 bawang merah yang dihaluskan bersama 3 bawang putih dan 1 sdt terasi; ½ sdt garam; ½ gula pasir; minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat: Rebus cabai hijau dan tomat hingga agak layu, kemudian haluskan, sishkan. Panaskan wajan. Tuangkan  minyak kira-kira 5 sdm. Setelah minyak panas, tumislah bumbu halus yaitu bawang merah+bawang putih+terasi.  Tumis hingga menyatu dengan minyak dan berubah warna. Lalu masukkan cabai hijau dan tomat yang tadi telah dihaluskan. Masukkan juga irisan belimbing. Bubuhkan garam dan gula secukupnya. Tumis hingga menyatu dan matang.

Dengan sambal, makanan menjadi semakin lezat. Selamat mencoba!

DSC 008awm

 Makanan tradisional khas Indonesia sayur asem, ikan asin dan sambel. (Foto: Walentina Waluyanti)

DSC 0205awm

Sayur asem belimbing ala Walentina. (Foto: Walentina Waluyanti)

fr wwResep dan foto: Walentina Waluyanti

About Me

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.