< A room without books is like a body without a soul >

Resep Rendang

Resep & foto: Walentina Waluyanti – Nederland

Di Belanda banyak dijual bumbu rendang siap pakai. Tapi rasanya kurang sreg di lidah. Rasanya tidak sama dengan rendang yang biasa saya nikmati di Restoran Padang di Indonesia. Bumbunya terasa kurang khas. Karenanya saya lebih suka membuat rendang dengan bumbu buatan sendiri.

Rendang sudah terdaftar resmi sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Sebagai orang Indonesia, malu dong kalau sampai tidak tahu bagaimana membuat makanan khas Indonesia yang berasal dari Padang Sumater Barat ini. Membuat rendang memang butuh waktu sekitar 4 jam lebih. Jadi jika ada waktu luang, saya memanjakan keluarga dengan masakan lezat ini. Berikut ini resepnya.

rendang001wm

Rendang Padang ala Walentina, dinikmati dengan nasi hangat, emping mlinjo, tempe goreng, dan gulai labu siam. (Foto: Walentina)

RESEP RENDANG

Bahan: Daging gandik sapi 1 kg dipotong kotak mengikuti seratnya ukuran 3-4 cm dengan ketebalan 1-2cm; 600 ml santan; daun kunyit 1 lembar; daun salam 3 helai; daun jeruk 4 helai; laos 3 cm digeprek; sereh 4 batang; 1-2 gelas air jika dibutuhkan untuk menambah saus; 4 sdm minyak untuk menumis.

Bumbu yang dihaluskan: Bawang merah 20 siung; bawang putih 15 siung; kemiri 8 biji; garam masala 3 sdm; jahe 3 cm; cabe merah besar 4 buah (bisa pakai bubuk cabe 1 sdm atau sesuai selera pedas); kapulaga 4 biji (bubuk cardamon 2 sdt); bunga cengkeh kering 10 biji; kunyit 3 cm (bubuk kunyit 1 sdm); 4 biji asam kandis (bisa diganti asam jawa pasta 2 sdt); garam secukupnya; blok penyedap jika suka.

Cara membuat: Tuangkan 4 sdm minyak ke wajan, tunggu hingga minyak panas. Tumis bumbu halus hingga minyaknya kering. Tuangkan 200 ml santan, bubuhkan sereh, daun salam, saun jeruk, daun kunyit, laos. Biarkan hingga mendidih. Begitu mendidih, masukkan daging, aduk 15 menit hingga santan mengental dan keluar minyaknya.  Masukkan 400 ml santan, biarkan hingga mendidih. Begitu mendidih kecilkan api. Biarkan hingga 4 jam, sambil sesekali diaduk, agar daging dan santan tetap menyatu. Santan akan menjadi susut, dan warna saus+daging akan menjadi lebih gelap. Jika dirasa perlu, bisa ditambah sedikit air jika saus menjadi terlalu kering. Kemudian biarkan di atas api kecil, hingga matang dan warnanya menjadi kehitaman. 

rendang002wm

Foto: Rendang, makanan khas dari Padang, Sumatera Barat, telah diakui UNESCO sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. (Foto: Walentina)

Hidangkan rendang dengan nasi hangat. Jika lebaran, rendang biasa juga disantap dengan ketupat sayur, yaitu sayur labu siam bersantan campur kacang panjang dengan irisan ketupat/lontong. Di sini rendang saya hidangkan dengan gulai labu siam, emping mlinjo dan tempe goreng. Ah, lauk lainnya sekadar variasi rasa. Namun dengan lauk seadanya pun, rasa rendang sendiri memang lezat nian.

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.