Rawon (Black Beef Soup of East Java)

Walentina Waluyanti – Nederland

Masakan khas Jawa Timur ini populer di seluruh Indonesia. Hampir di setiap pelosok daerah di Indonesia, bisa didapatkan kedai makanan yang menjual makanan berkuah hitam ini. Rawon memang digemari banyak orang karena keunikan rasanya yang sedap dengan aroma kluwak.

Di Belanda banyak juga dijual bumbu siap pakai dalam kemasan untuk membuat rawon. Tetapi bagi yang terbiasa dengan rasa rawon asli, bumbu siap pakai itu digunakan hanya sebagai penyedap. Selebihnya, untuk mendapatkan rasa rawon yang asli, memang lebih baik menggunakan bumbu dari bahan segar.

Kluwak atau kepayang atau picung/pucung, sebagai bumbu utama rawon, sebetulnya adalah biji yang beracun jika dimakan mentah. Keracunan kluwak mentah, dahulu disebut "mabuk kepayang", yang kemudian menjadi arti kiasan bagi orang yang dimabuk cinta, sehingga tak mampu berpikir jernih. Karena efeknya beracun, itu sebabnya kluwak harus direndam air panas terlebih dahulu sebelum diolah. Kluwak yang dihaluskan membuat warna kuah rawon menjadi hitam pekat dengan cita rasa khas. Rawon biasanya lebih enak jika telah diinapkan semalam. Hidangan dari daging sapi ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat. Pelengkapnya biasanya adalah tauge pendek dan krupuk udang.

rawon002wm

Foto: Dengan nasi hangat, lauk khas yang disajikan bersama rawon biasanya adalah tauge pendek dan krupuk udang. Lauk tambahan lainnya, misalnya tempe dan ikan asin, menambah sedap hidangan ini. (Foto: Walentina Waluyanti)

RESEP RAWON KHAS JAWA TIMUR

Bahan: 500 gram daging sapi bagian yang sedikit berlemak, dengan sedikit tulang muda (bagian sengkel dari sapi, atau di sekitar daging paha sapi).

Bumbu: 7 batang daun bawang; 5 siung bawang putih; 10 siung bawang merah; 1 sdt ketumbar; 1 sdt jinten; 5 buah kluwak yang sudah matang dalamnya berwarna hitam; 1 cm kunyit (2 sdt kunyit bubuk); 1 cm kencur; 5 lembar daun jeruk; 2 batang serai dimemarkan; 2 cm laos; terasi 1 sdt; asam jawa 1 sdt; garam secukupnya; jika suka maggie blok.

Cara membuat: Potong-potong daging sebesar irisan sate. Jerang air, tunggu sampai mendidih. Setelah air mendidih, masukkan daging rebus hingga empuk. Bubuhkan garam secukupnya. Belah kluwak, ambil bagian dalamnya yang berwarna hitam. Rendam kluwak dalam air panas selama 30 menit - 1 jam. Haluskan bumbu termasuk kluwak, kecuali serai, laos, daun jeruk. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan serai, daun jeruk, laos. Aduk-aduk hingga merata. Setelah wangi, masukkan tumisan ini ke dalam rebusan daging. Tunggu hingga kuahnya agak berkurang dan agak mengental. Kemudian iris daun bawang, masukkan ke rebusan rawon.  Jika suka, bisa bubuhkan blok kaldu penyedap. Angkat dan hidangkan. Rawon selalu dihidangkan bersama tauge pendek.

rawon001wm

Rawon (beef black soup) khas Jawa Timur. (Foto: Walentina Waluyanti)

Selamat mencoba!

Resep dan foto: Walentina Waluyanti