< A room without books is like a body without a soul >

Kue Sinterklaas

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Nederland

Menjelang perayaan Sinterklaas di Belanda, kue ini mulai banyak dijual di toko-toko. Kue Sinterklaas, di Belanda disebut kruidnoten. Di tempat-tempat keramaian, juga di sekolah-sekolah, Sinterklaas mendatangi anak-anak dan membagi-bagi kue bola-bola kecil ini untuk anak-anak.

kuesinterklaas004wm

Kue Sinterklaas (kruidnoten) ala Walentina. (Foto: Walentina Waluyanti)

Beberapa minggu sebelum Pesta Sinterklaas, sebagaimana tradisi di Belanda, kue kering berbentuk biji kecil ini, menjadi cemilan populer. Rasanya garing, renyah dan manis. Kalau ingin menikmati kue kecil ini, sebetulnya lebih mudah membeli langsung di toko. Harganya murah meriah. Namun setelah perayaan Sinterklaas berlalu, cemilan ini tak lagi dijumpai di toko. Kalau ingin menikmatinya sebagai cemilan sambil minum teh ataupun kopi, kadang saya membuatnya sendiri. Soalnya selain sangat mudah, kue buatan sendiri ini rasanya lebih enak, bukan "rasa pabrik"... dan yang penting, bebas bahan pengawet!

Proses membuat kue Sinterklaas ini tak sulit dan tak makan waktu lama. Mulai dari mempersiapkan bahan, mengolah adonan, hingga selesai dipanggang di oven, hanya dibutuhkan waktu kira-kira 32 menit. Berikut ini resepnya.

RESEP KUE SINTERKLAAS (KRUIDNOTEN)

Bahan: 100 gram tepung self-raising, butter 50 gram, gula kastor warna coklat gelap 50 gram (di Belanda disebut basterd suiker) , susu cair 2 sdm, bubuk/bumbu spekuk 1 sdm (di Belanda disebut bubuk speculaas). 

Cara membuat: Panaskan oven dengan temperatur 170* C. Campurlah semua bahan sampai kalis dan kenyal. Untuk memudahkan pencampuran, saya menggunakan food processor.

kuesinterklaas001wm

Untuk memudahkan percampuran adonan, saya gunakan food processor. (Foto: Walentina Waluyanti)

kuesinterklaas002wm

Adonan kue Sinterklaas. (Foto: Walentina Waluyanti)

Setelah tercampur, adonan dikeluarkan dari food processor, lalu dipindahkan ke wadah, kemudian diuleni dengan tangan sampai kalis dan kenyal untuk dibentuk. Ambil sejumput adonan, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, kira-kira sebesar kelereng. Setelah berbentuk bola, pipihkan sedikit bentuknya. Dari adonan ini bisa diperoleh bola-bola kecil sebanyak 60-an biji. Sesudah adonan selesai dibentuk, diamkan 10-15 menit. Kemudian panggang kue bola-bola kecil selama 12 menit di oven (170*C) yang sebelumnya telah dipanaskan.

kuesinterklaas003wm

Kue Sinterklaas: membuatya mudah, rasanya enak. (Foto: Walentina Waluyanti)

Siapa bilang membuat dan menikmati kue Sinterklaas harus di hari Sinterklaas. Ingin mencobanya? Mengapa tidak?

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.