Kue Nastar

Walentina Waluyanti – Belanda

Makan kue? Wah, sekarang saya mulai hati-hati makan kue dan sejenisnya itu. Namanya juga perempuan. Mesti rajin merawat tubuh (Klik: Pengalamanku Menurunkan Berat Badan. ) Apalagi usia makin bertambah. Makin besar peluang untuk jadi gemuk. Memang susah juga sih, kalau tadinya suka jajan enak, lalu harus menahan diri. Tapi akhirnya sekarang terbiasa juga.

Pisang goreng, spekuk, es krim, dan jajanan lainnya yang kami santap di Chinese Restaurant Almere Haven di bawah ini memang enak, dan dulu begitu mudahnya saya sikat. Tapi karena sudah kapok pernah gemuk, sekarang tidak mampu lagi bikin saya ngiler.

nastar1

Jajan di Chinese Restaurant, Almere Belanda (Foto: Walentina Waluyanti)

Walau begitu, saya tidak lupa memanjakan keluarga, menyediakan penganan kecil buat mereka. Misalnya kue nastar ini. Keistimewaan kue ini adalah teksturnya lembut, dengan rasa manis nanas yang agak tersamar, membuat cita rasanya tidak terkesan "berat".

Kue nastar, kegemaran keluarga ini, saya usahakan selalu ada di hari raya, maupun hari istimewa lainnya. Bahkan tidak perlu hari istimewa, kalau ada waktu luang, saya suka membuatnya. Suami dan anak senang sekali, kalau saya bikin kue ini. Bikinnya gampang. Berikut ini resepnya.

RESEP KUE NASTAR

* Kira-kira 45 potong

Bahan:

  • Selai nanas siap pakai; 300 gram tepung terigu; 150 gram roomboter; 50 gram gula pasir; 25 gram tepung maizena; 3 butir telur ayam ambil kuningnya saja; 1 telur (kuningnya saja) untuk mengoles/bisa diganti susu kental manis; 1 sendok makan susu bubuk (bisa diganti 1 sdm keju parut).

nastar2

Kue nastar (Foto: Walentina Waluyanti)

Cara membuat:

  • Taruh roomboter, gula pasir, susu bubuk, telur, di wadah lalu campur hingga rata (gunakan mixer). Setelah adonan tercampur merata, tambahkan adonan itu dengan tepung terigu dan tepung maizena. Setelah adonan cukup padat  dan tercampur baik, ambil sejumput adonan, bentuk bulatan. Jika susah dibentuk, karena adonan terlalu luinak, bisa ditambah sedikit tepung, agar adonan tidak terlalu lengket di tangan. Sejumput adonan yang dibentuk bulat tadi, pipihkan di telapak tangan, lalu isi di tengahnya dengan selai nanas. Pada waktu mengisi selai nanas, tidak perlu terlalu banyak agar mudah dibentuk menjadi bulat kembali. Panggang di oven 170 derajat celcius. Kira-kira setelah 15 menit, keluarkan dari oven, olesi permukaan kue dengan kuning telur, lalu panggang kembali ke dalam ke oven selama 10 menit.
  • Dinginkan sebelum disantap.

Resep dan foto: Walentina Waluyanti