< A room without books is like a body without a soul >

Ikan Salmon Panggang (Oven) Bumbu Krem

Walentina Waluyanti - Nederland

Kadang makan nasi, kadang makan kentang dengan lauk lainnya. Bukankah setiap keluarga selalu menyukai menu bervariasi? Hari ini kami sekeluarga ingin makan kentang. Maka saya menyiapkan lauk yang pas untuk disantap bersama kentang.

Ikan salem atau salmon adalah salah satu menu favorit kami, rasanya nikmat dinikmati dengan kentang goreng dan sayuran. Berikut ini saya berbagi resep cara membuat ikan salem dengan sentuhan rasa gurih dari whipped cream atau crème fraîche.

salem002wm

Ikan salem panggang dengan bumbu crème fraîche atau whipped cream. (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep Ikan Salmon Panggang Bumbu Krem

Bumbu Bahan:

4 potong ikan salem dengan kulit (kira-kira 600 gram); irisan bawang merah 1 sdm, irisan bawang putih 1sdt, daun bawang iris 1 sdm (ada yang mengganti bahan ini dengan aneka bumbu rempah kering  untuk  ikan, dijual siap pakai di kemasan botol, di Belanda disebut viskruiden);  200 ml crème fraîche atau whipped cream; jeruk nipis 1 buah; 1 sdm minyak goreng; merica 1 sdt; garam secukupnya

Peralatan: Kertas aluminium (aluminium foil)  dan pinggan tahan panas untuk memanggang ikan di oven

Cara membuat:

Panaskan oven 180* C. Teteskan air jeruk nipis di permukaan ikan. Diamkan 30 menit. Lumuri pinggan tahan panas dengan minyak goreng. Taruhlah ikan salem di pinggan tersebut. Taruh bagian kulit ikan salem di sisi bawah, melekat dengan dasar pinggan. Lumuri seluruh permukaan ikan dengan garam, merica. Kemudian di atas ikan tersebut, taburi bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Siram ikan dengan crème fraîche, lalu tutup rapat pinggan dengan kertas aluminium.Biarkan ikan selama 45 menit di dalam oven. Setelah 45 menit, ikan matang, hidangkan dengan kentang goreng ataupun kentang panggang serta  sayuran, atau lauk lain sesuai selera Anda.

salem001wm

Ikan salem panggang yang gurih dengan kentang panggang dan wortel kukus. (Foto: Walentina Waluyanti)

Jika ingin mencoba ikan salmon/salem kuah asam pedas seperti di bawah ini, silakan klik => Pallumara Ikan Salmon

pallumara002wm

Ikan Salmon Kuah Asam Pedas (Pallumara Ikan Salmon). - Foto: Walentina Waluyanti

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.