< A room without books is like a body without a soul >

Ikan Salmon Panggang (Oven)

Walentina Waluyanti – Nederland

Salmon atau salem, teksturnya ini lembut dan padat. Disantap dengan nasi oke, dengan kentang pun bisa juga. Saya sudah pernah mem-posting resep ikan salem tomat dan resep ikan salem bumbu krem. Kali ini saya berbagi resep ikan salem yang lain, tanpa krem, tanpa tomat, tapi rasanya tak kalah lezat.

Caranya memanggang ikan salem ini, tidak ribet. Dengan bumbu simpel, lalu dipanggang di oven, hmmm… rasanya maknyus betul.

ikansalem002wm

Ikan salem panggang dan salad sayuran buah zaitun. (Foto: Walentina Waluyanti)

RESEP IKAN SALMON PANGGANG

Bahan: Ikan salem 4 potong (400 gram - 500 gram); 1 sdm daun dilla/dill/dille kering (bisa diganti 2 sdm irisan daun kemangi ataupun daun mint); 1 siung bawang putih cincang; 2 sdm minyak goreng; 1 sdm air jeruk nipis; garam dan merica (bisa ditambah blok kaldu ikan).

Cara memanggang: Panaskan oven 200*C. Siapkan pinggan tahan panas. Oleskan minyak atau butter di seluruh permukaan pinggan. Juga lumuri ikan dengan minyak goreng. Lalu taburi ikan dengan garam, merica, bawang putih cincang, air jeruk nipis; dan daun dilla (bisa diganti kemangi ataupun daun mint). Kemudian letakkan ikan di atas pinggan tahan panas. Setelah oven panas, panggang ikan salem di oven selama 20 atau 22 menit.

Ikan ini bisa disajikan dengan kentang panggang, saya membuatnya dengan cara berikut ini. 

RESEP KENTANG PANGGANG

Cara menyiapkan kentang panggang: Panaskan oven 220*C. Siapkan 4 buah kentang besar diiris kasar menurut selera; 2 sdm minyak goreng; 1 sdt bubuk paprika, 1 sdt bubuk bawang putih; 2 sdt bubuk chili; 1 sdt bubuk bawang bombay; sedikit garam. Semua bumbu tadi dicampur dan diaduk semuanya sampai merata. Lalu campuran minyak+bumbu tadi dicampurkan seluruhnya ke kentang iris, aduk sampai semua bumbu tercampur merata pada kentang. Setelah oven panas, panggang kentang selama 45 menit di oven.

ikansalem001wm

Salem panggang disajikan bersama kentang panggang dan salad sayuran. (Foto: Walentina Waluyanti)

Sajikan kentang panggang tadi bersama ikan salem dan salad sayuran.

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.