< A room without books is like a body without a soul >

Ikan Acar Kuning

Resep dan Foto: Walentina Waluyanti – Belanda

Salah satu resep tradisional dalam kuliner Indonesia ini, dikenal di hampir setiap propinsi di Indonesia. Bumbu kemiri yang royal dan rasa asam cuka, pedasnya cabe dengan kombinasi sayuran crispy, menambah kesegaran cita rasanya.

Ikan yang berdaging tebal, tidak terlalu lunak, dan tidak mudah hancur sangat cocok digunakan untuk membuat ikan acar kuning ini. Biasanya digunakan ikan bawal, ikan gurame, ikan nila, ikan mas, ikan bandeng, ikan tuna, atau ikan berdaging tebal lainnya. Sayangnya di Belanda tidak semua ikan khas Indonesia mudah didapatkan. Karenanya di resep ini saya menggunakan ikan yang di Belanda disebut ikan baracuda.

ikanacar001wm

Ikan acar kuning ala Walentina. (Foto: Walentina Waluyanti)

Bahan: Ikan berdaging tebal 1 kg dibersihkan, bisa dibiarkan utuh bisa juga dipotong-potong; 2 buah wortel diiris kotak tipis memanjang; 1-2 buah cabai merah besar diiris; ½ buah ketimun dibuang isinya dan dipotong persegi memanjang; 1 batang serai dimemarkan; 2 cm jahe diiris tipis; 3 lembar daun salam; 2 sdt gula pasir; 1 sdm cuka (atau sesuai selera rasa asam); 2 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan 5 sdm air; minyak untuk menggoreng ikan dan menumis bumbu.

Bumbu yang dihaluskan: 8-10 biji kemiri; 5-7 biji cabai rawit/sesuai selera pedas (bisa diganti 2 cabai merah besar); 7 siung bawang merah; 2 siung bawang putih; 2 cm kunyit (½ sdm kunyit bubuk); garam secukupnya; maggie blok jika suka.

Cara memasak: Ikan dibersihkan, potong-potong, atau dibiarkan utuh, lumuri cuka dan garam secukupnya. Biarkan 30 menit-1 jam. Sesudah itu bilas ikan, dan goreng kering.  Sisihkan. Bumbu yang dihaluskan ditumis dengan sedikit minyak atau mentega. Masukkan sereh, cabe, jahe, dan daun salam, aduk sebentar. Masukkan wortel, aduk hingga agak layu. Masukkan ikan yang telah digoreng tadi dan ketimun. Tambahkan ½ gelas air. Masukkan 1 sdm cuka, gula pasir, dan garam, jika suka blok penyedap, aduk perlahan hingga tercampur dan cicipi. Masukkan larutan maizena. Aduk perlahan sampai saus agak mengental. Jika telah bumbu meresap, angkat dan hidangkan.

Jika ingin mencoba resep ikan lainnya seperti di bawah ini, klik berikut ini: Sup Ikan

pallumara001wm

Ikan Pallumara (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Resep ikan/udang/kerang/sea food lainnya, silakan klik di bawah ini: 

 

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.