Cap Cay Sea Food dan Fu Yung Hai

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Nederland

Di Belanda kedua makanan ini ditulis dalam ejaan lama, yaitu tjap tjae dan foe joeng hai. Kedua menu ini cocok disandingkan bersama di atas meja makan. Dikombinasikan bersama nasi hangat, acara makan bersama keluarga terasa nikmat. Oleh karenanya kedua resep, cap cay dan fu yung hai, saya satukan saja di kolom resep ini.

Cap cay bisa dicampur ayam, namun di sini saya menggunakan campuran bahan sea food: cumi, udang, kerang, dan sushimi. Begitu pula fu yung hai, biasanya saya campur ayam, namun kali ini saya membuatnya dengan variasi rasa. Berikut ini ke-2 resep, yaitu cap cay dan fu yung hai.

capcay002wmCap cay seafood dan fu yung hai ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

RESEP FU YUNG HAI (Untuk 4-6 orang)

Bahan omelet: telur 7 butir; 350 gram daging ayam diiris tipis melintang (bisa diganti irisan sosis, bakso ataupun udang); 1 buah bawang bombay diiris; 1 siung bawang putih; 100 gram kapri diiris tipis serong; 100 gram wortel diiiris seperti korek api; 50 gram seledri dicincang kasar; 1 sdt merica bubuk; garam secukupnya; 3 sdm minyak untuk menumis.

Bahan untuk saus: 500 cc air matang; bawang bombay 1 buah diiris; daun bawang 1 batang diiris kasar; 7 sdm saus tomat; 1 sdm kecap manis; 3 sdt gula pasir; ketimun ½ biji dipotong kotak kecil; kacang ercis 5 sdm; irisan wortel seperti korek api 1-2 sdm; garam secukupnya; 1 sdm maizena yang dilarutkan dengan 5 sdm air matang; 2-3 sdm cuka (sesuai selera asam). 

Cara menyiapkan omelet: Siapkan wajan, panaskan minyak. Setelah minyak panas, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga layu. Masukkan wortel dan kapri, tumis hingga layu. Jika menggunakan ayam, masukkan ayam, tumis ayam hingga matang. Tetapi di sini saya menggunakan irisan sosis. Tumisan diaduk hingga matang/tercampur rata, tambahkan merica dan garam. Biarkan beberapa saat hingga matang. Jika telah matang, matikan api dan dinginkan tumisan ini sebelum nantinya dicampurkan ke omelet. Sambil menunggu tumisan tadi dingin, kocok telur, beri merica dan garam. Lalu ke kocokan telur ini, tuangkan tumisan sayuran dan ayam ataupun sosis tadi. Kocok dan campur sekali lagi hingga rata. Gorenglah campuran telur ini seperti menggoreng telur dadar atau omelet. Taruh omelet di wadah saji.

Cara memasak saus: Siapkan panci kecil. Tuangkan 2 sdm minyak. Tumis irisan bawang bombay hingga layu. Masukkan irisan wortel, aduk hingga layu. Masukkan kacang ercis, aduk. Masukkan kecap manis dan saus tomat, aduk sebentar. Tuangkan air, biarkan hingga air mendidih. Setelah air mendidih, masukkan ketimun, gula, maizena cair, dan daun bawang. Aduk sebentar dan cicipi rasanya. Mungkin masih kurang gula atau garam, atau rasanya kurang “asam manis” seperti yang diinginkan? Tambahi gula atau cuka jika dirasa perlu. Jika tak sengaja menuangkan cuka kelebihan hingga terlalu asam, bisa ditambah air untuk mengurangi asamnya. Aduk sekali lagi hingga saus mengental, angkat. Siramkan saus di atas omelet yang tadi telah digoreng. Hidangkan panas-panas.

capcay001wmSayur capcay dari kapri, wortel, brokoli, jamur hioko, jamur merang, jagung muda. (Foto: Walentina Waluyanti)

RESEP CAP CAY (Untuk 4-6 orang)

Bahan variasi daging/sea food: Bisa menggunakan daging ayam 300 gram diiris tipis. Bisa juga menggunakan udang ataupun bakso yang diiiris. Tetapi di sini saya lebih suka menggunakan campuran aneka sea food yang dijual siap pakai dalam kemasan plastik, terdiri dari: udang, cumi, kerang, dan daging kepiting (sushimi). 

Bahan sayuran dan bumbu: 1 buah wortel diiris serong; 150 gram kapri dipotong kasar; 150 gram jagung muda dibelah; 150 gram jamur kancing atau jamur hioko dibelah; 75 gram jamur kuping (kering) direndam air panas sebentar lalu diiris memanjang; bisa ditambahkan brokoli 150 disiram air mendidih dipotong-potong (bahan ini tidak harus); 2 batang daun bawang diiris 2 cm menyerong; bawang bombay 1 buah diiris; bawang putih 2 siung diiris tipis; cabai merah besar 1 buah diiris; jahe 1 cm diiris; 500 cc air; 1 sdm maizena dilarutkan dengan sedikit air; garam dan merica secukupnya; margarine atau 3 sdm minyak goreng untuk menumis; maggie blok jika suka.

Cara membuat: Panaskan margarine atau minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan wangi. Masukkan cabe besar dan jahe, aduk-aduk. Masukkan wortel, jagung muda, kapri, tumis hingga layu. Kemudian jika menggunakan ayam, masukkan ayam, tumis hingga matang. Sebagai pengganti ayam, saya masukkan aneka bahan sea food, yaitu udang cumi, kerang, dan  daging kepiting (sushimi), diaduk hingga rata.

Tutup wajan sampai sayuran layu. Setelah itu masukkan air, garam, merica dan maggie blok. Masak sampai mendidih, kemudian baru dimasukkan jamur kancing, jamur kuping, brokoli dan daun bawang. Aduk sebentar kemudian masukkan larutan maizena. Tunggu sampai kental, aduk perlahan. Segera angkat dan hidangkan.

Ingin mencoba ayam asam manis di bawah ini, silakan klik=> Resep Ayam Kuluyuk

ayamkuluyuk002wm

Ayam kuluyuk a: Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Add comment