< A room without books is like a body without a soul >

Bola Daging Asam Manis

Walentina Waluyanti – Nederland

Catatan: Ingin mencoba resep bola daging lainnya? Silakan klik ==> Bola-bola Daging Paprika

Bola-bola dari daging cincang (meatballs) ini bisa menjadi alternatif menu jika bosan menyantap hidangan daging. Tekstur bola daging yang lembut dan empuk membuat rasanya istimewa. Ditambah saos asam manis… hmm lezat nian.

dagingcincang002wmBola-bola daging asam manis campur nanas, nikmat disantap bersama nasi hangat dan sayuran. (Foto: Walentina Waluyanti)

Anda bisa mencampur bola-bola daging ini dengan paprika dan wortel. Tetapi di sini saya menggunakan campuran mentimun dan nanas. Soalnya esens mentimun dan nanas menurut saya lebih memberi rasa istimewa pada saos. Membuat bola-bola daging asam manis tidak sulit. Daging cincang cukup dibentuk menjadi bola-bola, kemudian ditumis dengan campuran saos.

RESEP BOLA DAGING ASAM MANIS (DAGING CINCANG ASAM MANIS)

Bahan bola daging: Daging cincang 500 gram (foto kanan);dagingcincang003 telur 1 butir; tepung panir 3 sdm; tepung terigu 2 sdm; merica dan garam secukupnya.

Bahan saos: Bawang bombay 1 buah diiris; bawang putih 2 siung iris tipis; 125 ml air untuk saos; tepung maizena 1 sdm larutkan dengan 3-4 sdm air; 2 sdm gula pasir; 3 sdm cuka; 2 sdm saus cabe; 3 sdm saus tomat; ¼ buah nanas dipotong 1X2 atau menurut selera (bisa pakai nanas kalengan); 1 batang daun bawang diiris; ½ buah mentimun diiris menurut selera; 3 sdm minyak untuk menumis; minyak goreng secukupnya untuk menggoreng bola-bola daging; blok penyedap rasa (jika suka).

dagingcincang001wm

Bola-bola daging asam manis. (Foto: Walentina Waluyanti)

Cara membuat: Dalam satu wadah, aduk dan campur hingga merata bahan: daging cincang, telur, tepung panir, tepung terigu, merica dan garam. Kemudian bentuklah adonan daging menjadi bola-bola seperti bakso. Panaskan minyak, goreng bola-bola daging sampai berubah warnanya, angkat dan tiriskan.

Di wajan lain, panaskan kembali 3 sdm minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan wangi. Masukkan bola daging yang tadi telah digoreng. Aduk-aduk lalu masukkan saos tomat, saos cabe, aduk sebentar, lalu tuangkan air 125 ml. Bubuhkan gula, cuka dan jika suka juga kaldu blok. Aduk lalu biarkan sebentar sampai air mendidih. Setelah air mendidih, tambahkan irisan nanas dan ketimun. Setelah mentimun terlihat agak layu, masukkan larutan maizena. Masak dan aduk sebentar sampai sausnya mengental. Taburkan daun bawang, aduk sebentar. Angkat dan hidangkan panas-panas dengan nasi hangat.

Resep daging sapi lainnya, silakan klik:

Sapi Lada Hitam

Rendang

Rawon

Coto Makassar

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.