Bokcoy Jamur Saus Tiram

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Holland

Bokcoy merupakan sayuran yang serumpun dengan sayuran sawi hijau, bentuknya mini. Saya sangat suka sayuran ini, terlebih jika dicampur dengan oyster saus (saus tiram). Campuran jamur menambah lezatnya baby kailan ini.  Berikut ini resepnya.

babykailan002wm

Bokcoy jamur saus tiram (Foto: Walentina Waluyanti)

RESEP BOKCOY JAMUR SAUS TIRAM

Bahan:

Bokcoy 500 - 700 gram, potong bagian bonggolnya saja, babykailan001wmbiarkan tangkai dan daunnya utuh tak perlu dpotong; jamur kancing 250 gram dipotong belah; bawang bombay 1 buah iris seperti cincin; bawang putih 2 siung iris tipis, saus tiram 2 sdm; minyak wijen (sesame oil) 1 sdm; merica 1 sdt; minyak goreng 3 sdm untuk menumis, garam secukupnya dan blok penyeda rasa jika perlu; jika suka (optional) irisan sushimi secukupnya dan pasta kepiting siap saji dalam kemasan kaleng/botol.

Cara membuat: Siapkan pan. Rebus air, bubuhkan garam dan minyak goreng di air, tunggu hingga mendidih. Jika air mendidih, rebus semua helai daun baby kailan yang bertangkai itu. Tidak perlu sampai sangat layu. Jika telah agak layu, angkat sayur dan tiriskan. Tata di piring saji dengan rapi. Jika suka, taburi dengan tetesan minyak wijen di atas sayuran.   

Siapkan wajan, tuangkan minyak, tunggu hingga panas. Setelah minyak panas, masukkan bawang putih, lalu bawang bombay. Aduk-aduk hingga wangi. Masukkan saus tiram, aduk-aduk. Jika ada, masukkan juga jamur, lalu pasta kepiting, aduk- aduk. Bubuhkan juga merica, garam, jika suka juga penyedap rasa. Masukkan 1/2   gelas air, sekadar agar bumbu tidak melekat di wajan. Ada juga yang menambah air ¼  gelas dan mengentalkannya dengan tepung maizena yang dilarutkan dengan beberapa tetes air. Tapi saya lebih suka tanpa tepung maizena. Aduk-aduk bumbu hingga tercampur rata. Masukkan irisan sushimi jika ada (tidak harus). Jika telah matang, siramkan tumisan di atas sayur bokcoy yang tadi telah ditata di piring saji.

Note: Ingin mencoba sayuran asem segar? Klik: Sayur Asem Belimbing

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Add comment