Balado Udang Petai

Walentina Waluyanti – Nederland

Hidangan ini warnanya merah menggugah selera. Udang digoreng terlebih dahulu sebelum ditumis, agar warnanya cantik dan rasanya lebih gurih. Bumbu cabe rawit, membuat penikmat balado ini semakin lahap makannya.

Saya suka membuat balado ini menjadi super pedas. Tetapi sebetulnya dengan sedikit cabe rawit pun, hidangan ini warnanya tetap merah manyala, karena esens warna dari cabe besar yang dihaluskan. Padahal rasanya belum tentu pedas seperti kelihatannya. Kalau tidak suka pedas, cukup pakai cabe besar saja, karena tidak menimbulkan efek pedas. Jika tidak suka petai, tanpa petai pun balado udang ini lezat. “Atau mungkin malah lebih lezat?”, kata yang anti petai. Oke, dengan atau tanpa petai, yang jelas makanan ini punya nilai nutrisi yang menyehatkan. Bahan-bahannya pun tidak ribet.

udangpetai002wm

Balado udang petai disantap bersama tumis daun pepaya paprika, krupuk, tempe goreng, dan nasi hangat. (Foto: Walentina)

RESEP BALADO UDANG PETAI

Bahan: 1 kg udang ukuran sedang; 3 papan petai dikupas dan bersihkan; 2 cabai besar+10 cabe rawit (atau jumlahnya sesuai selera pedas) haluskan bersama 10 bawang merah dan 2 bawang putih; 2 tomat yang sudah dihaluskan; 1 sdt gula pasir; jeruk nipis; daun jeruk 3 lembar (tidak harus); minyak goreng; garam secukupnya; blok penyedap rasa (jika suka).

Cara membuat: Udang dibersihkan, lalu dibubuhi garam secukupnya, kemudian ditetesi perasan air jeruk nipis. Diamkan kira-kira 20-30 menit. Setelah itu udang digoreng biarkan hanya setengah matang, karena nanti akan digoreng lagi bersama bumbu. Angkat dan tiriskan udang. Lalu goreng juga petai hanya setengah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian tumis bumbu cabe+bawang putih+bawang merah yang sudah dihaluskan, aduk hingga matang. Lalu masukkan tomat yang dihaluskan, masukkan juga daun jeruk. Aduk-aduk hingga tomat terlihat mengental, tercampur dengan bumbu halus cabe+bawang. Setelah semua bumbu tercampur merata dan matang, masukkan udang dan petai. Bubuhkan garam dan gula secukupnya. Jika suka, bisa menambahkan blok penyedap rasa. Aduk dan tumis hingga matang. Hidangkan bersama nasi hangat.

udangpetai001wm

 Balado udang petai (Foto: Walentina)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti