< A room without books is like a body without a soul >

Bakwan Udang Mudah dan Garing (Ote-Ote Udang)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti - Holland

Bakwan udang atau ote-ote, di Bandung disebut bala-bala berikut ini lebih mudah dibanding bakwan udang yang pernah saya posting, klik : Bakwan Udang

bakwanudang003wm

Bakwan udang juga lezat sebagai lauk bersama nasi dan sayuran. (Foto: Walentina Waluyanti)

Ingin membuat bakwan udang mudah, cepat, dengan tekstur lembut namun tetap renyah dan garing? Cobalah resep bakwan udang ini. Tak sulit membuat bakwan ini. Rasanya gurih dan sangat lezat. Tidak hanya sebagai cemilan, juga nikmat disantap sebagai lauk makan nasi.  Saya suka banget dengan kombinasi campuran tauge dan udang, serta tekstur yang renyah dari bakwan ini. Roti tawar 2 lembar sisa yang ada, saya manfaatkan sebagai adonan bakwan, yang menambah lembut tekstur bakwan udang ini.

Bahan:

Tepung terigu 300 gram

Tepung tapioka 2 sdm

Udang 200 gram, dibersihkan dan kupas kulitnya

bakwanudang001wm

Udang membuat rasa bakwan terasa gurih. (Foto: Walentina Waluyanti)

Tauge 75 - 100 gram, bersihkan dan lepaskan ujung tauge yang kehitaman

Putih telur 1 butir

Roti tawar 2 lembar (tidak harus)

Bubuk kunyit 1 sdt

Air  1 cangkir untuk  mencampur adonan terigu

Daun bawang 1 batang, dirajang

Irisan bawang merah 1 sdm

Cabe kecil 2 buah, diiris halus (bisa diganti merica 1/2 sdt)

Baking soda 1/2 sdt

Garam dan blok penyedap rasa jika suka.

bakwanudang002wm

Bakwan udang ala Walentina. (Foto: Walentina Waluyanti)

Cara membuat:

Siramlah roti tawar dengan 1 cangkir air hangat. Lumatkan, lalu masukkan telur. Campur dan kocok hingga merata, kemudian masukkan juga tepung terigu, tepung tapioka, baking soda, sedikit demi sedikit sambil diaduk.

Setelah adonan merata, aduk-aduk sekali lagi. Jika adonan terlihat kering, bisa diencerkan dengan sedikit air. Aduk-aduk, lalu masukkan bubuk kunyit. Masukkan juga irisan cabe, bawang merah, daun bawang, garam. Masukkan udang, tauge, dan garam. Jika suka bisa dibubuhkan maggi blok penyedap rasa. Aduk-aduk adonan hingga tercampur merata. Diamkan adonan 10-15 menit.

Siapkan penggorengan, tuangkan minyak goreng, perkirakan minyaknya cukup banyak, sampai bakwan bisa terendam di dalam minyak. Panaskan minyak di penggorengan. Jika minyak telah panas, ambil sesendok adonan, tuangkan di wajan. Jika menggunakan udang berukuran cukup besar, di tiap satu sendok adonan, cukup menggunakan satu ekor udang. Balik-balik, hingga matang merata. Bakwan ini bisa dihidangkan dengan saus pedas atau dengan cabe rawit.

Ingin mencoba resep bakso ikan dan bakwan udang bulat seperti di bawah ini, silakan klik=> Resep Bakso ikan dan Resep Bakwan Udang Bulat

1bakwan5

Bakso ikan dan bakwan udang bulat ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Copyright (c) Walentina Waluyanti 2019. All rights reserved.