Bakwan Jagung

Walentina Waluyanti - Nederland

Di waktu senggang, asyik juga meluangkan waktu di dapur membuat cemilan mudah. Salah satu cemilan yang gampang membuatnya adalah bakwan jagung. Mudah, sebab bahan-bahannya selalu tersedia di dapur.

Tepung terigu, jagung kalengan, telur merupakan bahan yang selalu tersedia di dapur. Saya tidak perlu repot-repot ke toko, jika ingin membuat bakwan jagung ini. Rasanya gurih, anak dan suami sangat menyukai cemilan ini. Bakwan jagung bisa disantap sebagai cemilan, juga bisa dijadikan lauk teman makan nasi. Berikut ini resepnya.

bakwanjagung001wm

RESEP BAKWAN JAGUNG

Bahan: Tepung terigu  300 gram; Tepung tapioka 2 sdm; Jagung rebus yang sudah dipipil (jagung matang kalengan  250-300 gram); Bawang putih 5 siung dihaluskan; Daun bawang 5 batang dirajang halus; Telur 1 butir; Merica 1 sdt; ketumbar 1 sdt, Baking soda 1/2 sdt; maggie blok rasa ayam; sedikit garam. Minyak untuk menggoreng (kira-kira bakwan bisa agak terendam di minyak); Setengah gelas air takarannya dikira-kira untuk mengentalkan adonan (tidak terlalu kental juga tidak terlalu encer); jika suka maggie blok/bubuk penyedap rasa.

Cara membuat: Kocok telur di wadah untuk adonan. Jagung diblender sebentar saja, tapi jangan sampai hancur/butirannya jagungnya agak utuh, tidak lumat sama sekali. Pindahkan jagung ke wadah berisi kocokan telur, kemudian aduk-aduk hingga merata. Masukkan terigu, tepung tapioka, baking soda, aduk-aduk, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk sampai menyatu. Jangan terlalu kental agar bakwan nantinya tidak keras, dan jangan terlalu encer agar mudah digoreng. Setelah adonan merata, masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan,daun bawang, merica, ketumbar, blok maggie, garam. Aduk-aduk hingga tercampur merata. Panaskan penggorengan, tuangkan minyak. Setelah minyak panas, dengan menggunakan sendok makan, ambil adonan sesendok demi sesendok, dan tuangkan di minyak panas di penggorengan. Baliklah gorengan jika satu sisi bakwan sudah matang dan berwarna kecoklatan.

Bakwan jagung ini bisa disantap begitu saja, tanpa atau dengan saus chili atau cabe rawit. Tak sedikit keluarga di Indonesia yang menikmatinya sebagai lauk nasi bersama sayuran, ataupun lauk-pauk lain nya. Selamat mencoba!

Jika ingin mencoba resep bakwan mudah lainnya, silakan klik “Bakwan Udang Mudah”.

1bakwan6

Bakwan udang bulat (Foto: Walentina Waluyanti)

bakwanudang003wm

Bakwan udang mudah (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Add comment