Tips Menulis

Tips Menulis ala Walentina

tips 1 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

VOC

Ngintip Pembuatan Kapal VOC di Belanda

VOC01a

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

Atheis vs Theis

Cari Bukti Tuhan Ada?

photo4 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Penyebab Mengapa Komunis Harus Atheis

komunis1web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History

Jejak Tawanan di Kamp Nazi

kamp011ww

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Pengalaman Hidup di Belanda

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penggali Pancasila

Memori

Sakit Hati Soeharto pada Habibie

soehartotien

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Minta Maaf pada PKI?

IISG 1

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti de Jonge is an Indonesian author/essayist, historical book writer, teacher.

Jika ada yang menggunakan nama saya Walentina Waluyanti untuk meminta sejumlah uang,  melalui ex-email saya walentinawa@yahoo.com, saya sampaikan itu bukanlah dari saya, sebab email saya di yahoo.com sudah lama dibajak.

Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Resep Banana Cake Mudah

Resep dan foto @ Copyright: Walentina Waluyanti – Holland

Masih ada sisa pisang. Sudah lunak, warnanya hampir kehitaman. Melihatnya saja, sudah membuat hilang selera untuk menyantapnya. Buang saja? Tunggu dulu! Jenis pisang seperti itu justru bagus diolah menjadi banana cake. Membuatnya gampang saja. Enak jadi cemilan minum kopi dan teh bersama keluarga. Resep banana cake atau bolu pisang berikut ini simpel, dengan bahan-bahan yang tidak ribet.

 RESEP BANANA CAKE ALA WALENTINA

 1lamunan10

Foto: Banana cake dan mawar segar yang sudah di-wax agar awet.

Bahan:

  • Pisang ambon atau pisang cavendish 4 buah, bisa juga 2 buah dengan terigu 200 gram (lebih baik pisang yang sudah sangat lunak dan kulit pisangnya agak kehitam-hitaman)
  • Tepung terigu 2 ½ cup (1 cup tepung=110 gram), jika menggunakan 2 buah pisang, terigunya 200 gram, takaran yang lain tetap sama.
  • gula pasir 1 ½ cup (100 – 150 gram), tergantung selera rasa manis
  • telur 2 butir (kalau mau cake lebih empuk, boleh gunakan kuningnya saja, tapi boleh juga gunakan seluruh telur/kuning dan putih telur)
  • butter 100 gram (lebih bagus lagi kalau pakai roomboter)
  • baking powder 2 sendok teh
  • baking soda 1½ sendok teh
  • bubuk vanila 1 sendok teh
  • garam  ½ sendok teh
  • Jika ingin banana cake 2 warna, boleh pakai coklat bubuk/boleh pakai susu bubuk coklat 4-5 sendok makan, tapi kalau tidak ada, bisa juga tanpa warna coklat
  • yoghurt 3-4 sendok makan, ada yang menggantinya dengan susu cair, tapi di sini saya menggunakan yoghurt
  • air jeruk 1 sendok makan
  • bumbu spekuk setengah sendok teh/boleh pakai boleh tidak (optional); kalau tidak ada, jika suka, bisa pakai bubuk kayu manis  1/2 sdt (bahan ini hanya penambah rasa, tanpa pakai bumbu spekuk dan kayu manis, cake sudah cukup enak)
  • Tambahan: Jika ada kacang almond atau kacang kenari, kadang saya menggunakannya sebagai taburan untuk permukaan cake. Namun ini hanya tambahan saja. Tanpa kacang almond pun, banana cake tetap layak santap.
  • Peralatan:
  • 1. Wadah terpisah dan mixer.
  • 2. Cetakan cake yang bolong di tengahnya, atau disebut cetakan tulband (foto pertama di atas) agar adonan cake pisang yang “creamy” bisa matang merata. (Bisa juga menggunakan cetakan sempit persegi panjang seperti foto di bawah, adonan dialasi kertas roti/baking paper). Lumuri permukaan cetakan dengan mentega/butter. Setelah itu baluri lagi dengan tepung secara merata, agar cake yang telah matang nantinya mudah lepas dari cetakan.
  • bananacake001wmFoto: Adonan banana cake bertabur kacang almond.
  • Cara membuat:
  • Haluskan pisang, lalu bubuhkan perasan air jeruk. Lalu campur dengan yoghurt, aduk rata, sampai lumatan pisang tercampur rata (pastikan campuran pisang+yoghurt jangan terlalu encer, supaya cake tidak mentah di tengah pada saat dipanggang). Karena rasa manis pisang sendiri sudah cukup, saya tidak membubuhi esens pemanis rasa pisang.
  • Di mangkok lain, campur terigu, baking powder, baking soda, garam. Aduk merata.
  • Di wadah terpisah, campur kuning telur, gula dan bubuk vanila. Campur/di-mixer hingga licin dan tercampur rata.
  • Masukkan campuran terigu, baking powder, baking soda dan garam ke adonan telur, gula dan vanila yang sudah di-mix tadi. Campurkan juga dengan campuran lumatan pisang dan yoghurt. Untuk mencampur semua bahan ini saya gunakan food processor, tapi bisa juga gunakan mixer. Pastikan semuanya tercampur rata dan halus
  • Setelah semuanya tercampur, sebetulnya semua bahan yang sudah di-mixer ini bisa langsung dimasukkan ke cetakan cake, dan langsung dipanggang di oven. Tapi kalau anda ingin variasi rasa banana cake, boleh juga mencampur sedikit dengan rasa coklat.

1lamunan8

Cara membuat adonan coklat, ambil kira-kira 7 sendok makan campuran adonan yang sudah jadi tadi. Tempatkan di mangkok kecil. Bubuhkan coklat bubuk, hingga warna adonan di mangkok menjadi coklat seluruhnya. Jika suka anda bisa membubuhi bumbu spekuk atau boleh juga bubuk kayu manis ke adonan warna putih. Tapi tanpa tambahan itu, rasa cake juga sudah enak kok.

Setelah itu siapkan cetakan. Taruh adonan putih ke dalam cetakan. Sedikit demi sedikit. Selang-seling masukkan juga adonan coklat. Lalu masukkan lagi adonan putih. Masukkan lagi adonan coklat. Maksudnya agar memperoleh efek motif marmer pada cake. Boleh juga pakai cara lain. Yaitu masukkan seluruh adonan putih. Lalu tuang adonan coklat di atasnya. Setelah itu dengan sendok panjang, tekan adonan coklat ke dalam cake. Kira-kira sampai memperoleh efek dua warna, warna coklat dan putih dalam adonan itu (Lihat foto di bawah).

 1lamunan9

Panaskan oven 180º C. Jangan masukkan adonan ke oven jika oven belum panas.

Jika oven sudah panas, masukkan cake dan panggang selama 50 menit.

Usahakan sebelum 50 menit jangan membuka oven, bisa membuat cake jadi bantet.

Setelah 50 menit, keluarkan cake dari oven. Cek dengan tusukan sate/tusuk cake dengan tusukan sate. Apakah adonan di dalam cake sudah matang/kering atau masih basah. Kalau tidak ada adonan basah yang melekat pada tusukan sate, itu artinya anda sukses membuat cake alias cake-nya tidak bantet.

Setelah cake matang, dinginkan kira-kira 10-15 menit sebelum dipotong dan disantap. Juga sekaligus proses pendinginan itu membuat tekstur cake jadi lebih padat. Sehingga hasilnya lebih rapi ketika diiris. Dinginkan cake dengan posisi cetakan cake dibalik, agar setelah dingin cake-nya mudah lepas dari cetakan. Letakkan/ganjal sesuatu di bawah cetakan cake, misalnya botol. Pastikan agar tetap ada sirkulasi udara masuk ke dalam cetakan cake.

Untuk hasil yang sempurna, sebelum disantap sebaiknya cake sudah betul-betul dingin.

lamunannatalpisang7

Begitulah, bahan untuk membuat cake ini sederhana saja. Di kali lain, sebagai variasi, kadang saya membuat banana cake tanpa coklat, dengan taburan kacang almond di permukaan cake. Kalau anda punya sisa pisang yang tak bisa lagi dimakan, namun sayang dibuang, tak ada salahnya mendaur ulang menjadi sajian layak santap. Selamat mencoba!

bananacake003wm

bananacake004wmIngin mencoba lumpia renyah tak berminyak seperti di bawah ini? silakan klik: Resep Lumpia Tak Berminyak

DSC 0583wm

Lumpia ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Baca juga klik:

Pengalaman Bertetangga di Belanda

Makan Sate di Belanda,, Ogah Sate Palsu

Tak Mirip Nasi Ibu Tien

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Back

Diverse

History

Di Balik Matinya Hitler

hitler eva2

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Buku Walentina di Gramedia

Buku Walentina Waluyanti di Gramedia

walentina06

Read more

Written by Walentina Waluyanti

Bung Hatta

Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

DSC 0424wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Korban Hitler

Mengerikan! Rumah Jagal Pemusnah Manusia!

dachau013

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

'Tembak Bung Karno'

Historic House

Berkunjung ke Rumah Karl Marx di Jerman

DSC 0180wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Quote by Walentina Waluyanti

walentina avatar

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."

email: walentina@waluyanti.com