Tips Menulis

Tips Menulis ala Walentina

tips 1 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

VOC

Ngintip Pembuatan Kapal VOC di Belanda

VOC01a

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

Atheis vs Theis

Cari Bukti Tuhan Ada?

photo4 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Penyebab Mengapa Komunis Harus Atheis

komunis1web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History

Jejak Tawanan di Kamp Nazi

kamp011ww

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Pengalaman Hidup di Belanda

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penggali Pancasila

Memori

Sakit Hati Soeharto pada Habibie

soehartotien

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Minta Maaf pada PKI?

IISG 1

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti de Jonge is an Indonesian author/essayist, historical book writer, teacher.

Jika ada yang menggunakan nama saya Walentina Waluyanti untuk meminta sejumlah uang,  melalui ex-email saya walentinawa@yahoo.com, saya sampaikan itu bukanlah dari saya, sebab email saya di yahoo.com sudah lama dibajak.

Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Acar Ketimun

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Nederland

Baru-baru ini pelukis Indisch, Yvonne dan teman lainnya berkunjung ke rumah. Seperti biasa, untuk menghormati tamu-tamu yang datang, kami menyiapkan acara makan-makan ala kadarnya.

acar1

Foto: Di kebun rumah kami, pelukis Yvonne menceritakan suka dukanya.

Sudah menjadi kebiasaan, saya menyiapkan beberapa makanan, dan suami selalu jadi tukang bakar sate dan menyiapkan acar!

Di Belanda sendiri, acar bukan lagi makanan asing bagi orang Belanda. Bahkan orang Belanda menyebut acar sesuai kata aslinya dalam kata Indonesia. Hanya ejaannya berbeda, yaitu “atjar”. Di toko dan supermarket banyak dijual acar ala Indonesia, contohnya acar tauge campur wortel.

Walau acar siap saji banyak dijual di Belanda, suami lebih suka menyiapkan acar buatan sendiri. Membuatnya tidak sulit. Kalau makan sate, rasanya lebih segar kalau pakai acar ketimun. Berikut ini resep acar ketimun.

DSC 0606a

Acar ketimun ala Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

RESEP ACAR

TIPS: Buatlah acar 1-2 hari sebelum disajikan agar rasa asam manisnya lebih meresap ke dalam ketimun dan wortel. Pastikan semua bahan dicuci bersih sebelum diolah, agar segarnya lebih tahan lama.

Bahan: Ketimun hijau 2 buah; wortel 2-buah; bawang merah 3 siung; cabe 3-5 biji atau lebih sesuai selera pedas atau bisa diganti merica butiran yang belum dihaluskan 1 sdt; gula pasir 2 sdm; cuka 3 sdm; garam secukupnya; air matang sesuai ukuran wadah acar yang digunakan.

Cara membuat: Belah ketimun, tidak perlu dikupas, bagian lunaknya dibuang, lalu dipotong dadu. Kwortel dikupas, dipotong dadu. Bawang merah dibiarkan  utuh, atau bisa juga dibelah dua, agar kuah acar lebih beraroma.

Siapkan wadah atau stoples kaca dan taruh kira-kira 2 gelas di wadah tersebut. Kemudian bubuhi cuka, gula, garam ke dalamnya. Aduk-aduk. Lalu masukkan  ketimun, wortel, bawang merah, cabe atau butiran merica. Tambahkan lagi air, sampai semua bahan agak terendam di air. Aduk-aduk sampai semua tercampur merata. Cicipi lagi kuahnya, apabila rasa asam manisnya masih kurang, Anda bisa membubuhkan gula dan cuka sesuai selera. Aduk-aduk sekali lagi. Tutup rapat, dan simpan di kulkas.

acar2

Bakar sate di kebun. (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep acar di atas tadi adalah acar versi saya. Tapi di bawah ini suami saya yang lagi sibuk di dapur bikin acar menurut resepnya. Terserah acar yang versi saya atau versi suami, yang jelas ke-2 acar ini cocok dinikmati bersama sate. Berikut ini saya berbagi resep acar buatan suami.

RESEP ACAR ALA YAN

Bahan:

2 ketimun; 2 tomat besar; 2 batang daun bawang; 2 pickling cucumbers besar (optional); 1 lombok besar merah; 1 lombok besar hijau; 3 sdm bahan acar siap pakai, misalnya acar bawang (optional); 1 sdm chili saus asam manis; 1/2 sdm gula pasir.

Cara Membuat:

Ketimun, daun bawang, lombok (dibuang bijinya) diiris kecil; tomat dan picling cucmbers dipotong kotak; campur semua bahan di wadah, bubuhi juga saus, gula jawa, dan acar bawang; diamkan di kulkas hingga dingin.

acar4-web

 Foto: Atjar ala Yan. (Foto: Walentina Waluyanti)

Di bawah ini terjemahannya dalam bahasa Belanda.

Atjar ala Yan

Benodigheden: 2 komkommers; 2 grote tomaten; 2 bos/lenteui; 2 grote augurken; 1 rode lombok; 1 groene lombok; 3 eetlepels zoetzuur bijv. van augurken of zilveruitjes; 1 eetlepel zoete chilisaus; 1 eetlepel kristalsuiker. 

Bereiding: Schil de komkommer en snij ze in reepjes, tomaten in blokjes, lenteui in ringentjes, augurken in blokjes, lombok (zaadlijsten verwijderen) in reepjes. Meng dit in een grote schaal en doe het zoetzuur, chilisaus en palmsuiker erbij. Laat het dan een paar uur in de koelkast staan.

acar6-web

Sekarang acarnya sudah jadi. Sate dan makanan lainnya terasa nikmat dengan acar segar ini.

Acar juga cocok dinikmati bersama martabak telor. Ingin mencoba martabak telor buatan saya seperti di bawah ini, silakan klik=> Resep Martabak Telor

DSC 0525wm

Martabak telor buatan Walentina (Foto: Walentina Waluyanti)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti

Back

Diverse

History

Di Balik Matinya Hitler

hitler eva2

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Buku Walentina di Gramedia

Buku Walentina Waluyanti di Gramedia

walentina06

Read more

Written by Walentina Waluyanti

Bung Hatta

Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

DSC 0424wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Korban Hitler

Mengerikan! Rumah Jagal Pemusnah Manusia!

dachau013

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

'Tembak Bung Karno'

Historic House

Berkunjung ke Rumah Karl Marx di Jerman

DSC 0180wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Quote by Walentina Waluyanti

walentina avatar

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."

email: walentina@waluyanti.com