Travelling

Politik Dinasti

History

Saksi Bisu Jaman Jepang

verzet1 ww small

Read More

Writen by Walentina Waluyanti

History / Politik

Ssst, Ini Debat Tabu

sstinidebat1 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Diverse

Cari Bukti Tuhan Ada?

photo4 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penggali Pancasila

Memori

Sakit Hati Soeharto pada Habibie

soehartotien

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

Pre-History

History

Bangsa Kelt, Cikal Bakal Orang Eropa

IMG 5368 web wm

Read More

Writen by Walentina Waluyanti

VOC

Ngintip Pembuatan Kapal VOC di Belanda

VOC01a

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Penyebab Mengapa Komunis Harus Atheis

komunis3Read More

Writen by Walentina Waluyanti

History/Politics

Minta Maaf pada PKI?

IISG 1

Read More

Writen by Walentina Waluyanti

Inspiratif

Mantap! Tak Tamat SD, Kalahkan Sarjana!

hamka 01

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti de Jonge is an Indonesian author/essayist, historical book writer, teacher.

Jika ada yang menggunakan nama saya Walentina Waluyanti untuk meminta sejumlah uang,  melalui ex-email saya walentinawa@yahoo.com, saya sampaikan itu bukanlah dari saya, sebab email saya di yahoo.com sudah lama dibajak.

Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Sambal Goreng Ati Khas Lebaran

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Nederland

Di Indonesia, sambal goreng ati adalah hidangan tradisional khas Lebaran. Resepnya diturunkan dari generasi ke generasi. Bahan utamanya adalah kentang bersama hati ayam. Biasa juga ditambah ampela atau rempela. Bisa divariasikan dengan bahan lain, seperti daging, tempe, ataupun sayuran. Bagi yang suka pete, bisa juga menambahkan pete.

Read more...

Sup Bola Ikan (Fish Ball Soup)

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Nederland

Banyak variasi yang bisa dibuat dari hidangan sea food. Mulai dari gorengan, panggang dan sup. Misalnya sup udang, sup pindang ikan, ikan asam manis, pepes, ikan panggang, semuanya sudah saya sajikan di website ini. Kali ini saya sajikan hidangan segar berkuah, sup bola ikan yang bisa juga disebut bakso ikan.

Read more...

Lumpia Renyah Tak Berminyak

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti

Biasanya kalau bikin lumpia, hasilnya menyerap terlalu banyak minyak. Tetapi saya punya cara sendiri agar hasil lumpia tetap kering, renyah, dan tak berminyak.

Read more...

Bakso atau Nyuknyang (Indonesian Meatballs Soup)

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti – Nederland

Sungguh nikmat menikmati bakso atau nyuknyang yang bumbu taburannya seperti daun bawang dan daun sup, dipetik dari kebun sendiri. Di Makassar bakso disebut nyuknyang. Rasanya gurih. Semakin nikmat jika disantap dengan mie dengan kuah dari kaldu daging sapi atau ayam. Setelah tinggal di Belanda, saya suka membuatnya sendiri. Maklum, di Belanda mana ada gerobak bakso yang hilir-mudik di jalan-jalan seperti di Indonesia.

Read more...

Nikmatnya Martabak Telor dan Cabe dari Kebunku

*) Resep Martabak Telor+Acar

Resep dan foto: Copyright @ Walentina Waluyanti - Nederland

Di Belanda pada musim semi 2016 Juni minggu pertama ini, matahari bersinar cukup terik. Ini membuat subur tanaman dan kembang di kebun saya. Cabe dan strawberry yang saya tanam, berbuah cukup banyak.

Read more...

Sayur Asem Belimbing Wuluh dan Sambal Belimbing

Resep dan foto: Walentina Waluyanti - Nederland

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, mungkin reaksi Anda biasa-biasa saja kalau disuguhi sayur asem dan ikan asin. Tetapi bagi kami yang tinggal di Belanda, ketemu hidangan tadi serasa mendapat hidangan yang mewah banget. Maklum, hidup di Belanda membuat Anda dengan mudah setiap saat, di mana saja, bisa menemui hidangan Eropa. Ini malah membuat bosan, terutama bagi yang kangen makanan tanah kelahiran.

Read more...

Hidangan Tradisional Belanda:

Semur ala Holland (Draadjes Vlees)

Resep dan foto: Walentina Waluyanti – Nederland

Latar belakang historis antara Indonesia dan Belanda, membawa pengaruh pada budaya kuliner antara kedua negara. Ada pengaruh kuliner Indonesia pada makanan Belanda, demikian pula sebaliknya. Misalnya hidangan semur yang oleh orang Belanda disebut smoor. Rempah yang diangkut dari Indonesia ke Belanda sejak ratusan tahun lalu, bagaimanapun juga mulai dikenal sebagai penyedap hidangan tradisional Belanda. Hidangan berikut ini adalah daging sapi berkuah yang rasanya mirip semur, disebut draadjes vlees (baca: draces-vles).

Read more...

Ayam Goreng Mentega

Walentina Waluyanti - Nederland

Saya memilih menggunakan ayam tanpa kulit dan tulang untuk membuat ayam goreng mentega ini. Sebab lebih praktis, dan proses pematangannya tidak menyita banyak waktu.

Read more...

Ayam Tahu Kuah Asin

Walentina Waluyanti – Holland

Campuran rebung, shitake (jamur hioko), jamur kancing, hanya variasi campuran saja. Tapi kalau mau membuat versi mudahnya, cukup ayam dan tahu, tanpa sayuran lainnya, rasanya sudah cukup lezat. Kuahnya bercita rasa segar. Cocok sebagai selingan jika sedang bosan menyantap makanan manis ataupun berminyak.

Read more...

Jajanan Kampung Ini Jadi Santapan Tahun Baru Orang Belanda

*) Resep Roti Goreng (Oliebollen)

Walentina Waluyanti - Nederland

Dulu ketika masih kecil, di Makassar saya sering membeli jajanan kampung, roti goreng ini. Harganya sangat murah. Maklum bahannya sangat sederhana. Hanya terigu dan mentega, dengan tambahan susu ataupun santan. Setelah tinggal di Belanda, ternyata jajanan kampung ini bagi orang Belanda menjadi santapan khas perayaan Tahun Baru. Jajanan tradisional ini sebetulnya secara turun-temurun dikenal orang Indonesia. Sayangnya sekarang ini sudah makin dilupakan dengan semakin gencarnya serbuan jajanan asing.

Read more...

Buku Walentina di Gramedia

Fenomena

Historic House

Berkunjung ke Rumah Karl Marx di Jerman

DSC 0180wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Bung Hatta

Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

DSC 0424wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Quote by Walentina Waluyanti

walentina avatar

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."