Kompas TV

KOMPAS TV Bertamu ke Rumah Walentina Waluyanti

kompastv003small

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Sukarno

Awal Perkenalan Sukarno-Hatta, Intrik Seputar Proklamasi, Hingga Tutup Usia

Buku Walentina Waluyanti

sukarno-hatta-front-aRead More

Written by Walentina Waluyanti

Bahasa Indonesia

Indonesische conversatie voor beginners

fotoboeken001aRead More

 Written by Walentina Waluyanti

History

Satu Ayah Lain Ibu, Asal Mula Sengketa Palestina-Israel

(Silsilah Nabi)palestina003aRead More

Written by Walentina Waluyanti

History

Mengerikan! Rumah Jagal Pemusnah Manusia (Korban Nazi Hitler)

dachau013wmaRead More

Written by Walentina Waluyanti

Art / Culture

Aryati! Aryati! Pengaruh Indonesia dalam Kultur Indisch di Belanda

aryati001wma

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Ngintip Holland Tempo Doeloe di Pasar Tradisional

Buku Walentina di Gramedia

Buku Walentina Waluyanti di Gramedia

contract1weba

Read more

Quote by Walentina Waluyanti

fr-ww

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."

Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste untuk kepentingan NON-KOMERSIL, harap mencantumkan nama penulis.  DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya Walentina Waluyanti tanpa IJIN TERTULIS dari saya sebagai penulis/pemilik website ini. Pelanggaran larangan ini akan menerima konsekuensi hukum melalui proses verbal.

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Mbah Priok, Keturunan Nabi Muhammad?

Copyright @ Penulis: Walentina Waluyanti – Nederland

Catatan penulis: Artikel ini ditulis tahun 2010. Tahun 2013-2014, keluar pernyataan dari sejumlah pihak terkait, bahwa makam dan sejarah Mbah Priok yang selama ini banyak dilansir media, ternyata diragukan kebenaran kisah sejarahnya, bahkan ada yang menyatakannya sebagai hoax. Nama "Tanjung Priok" dipastikan  bukan berasal dari nama "Mbah Priok", seperti mitos yang pada tahun 2010 banyak dikutip media. Meski demikian, penulis membiarkan artikel ini tetap utuh sebagaimana saat ditulis pada tahun 2010, ketika berita Mbah Priok begitu heboh dan banyak dimuat di berbagai media massa di Tanah Air. Blunder sejarah tentang Mbah Priok yang banyak dilansir media, menjadi bagian dari sejarah Tanjung Priok itu sendiri. Meski tulisan di bawah ini tetap dibiarkan sebagaimana adanya ketika ditulis tahun 2010, namun penulis tetap menggaris-bawahi, bahwa fakta sejarah harus diluruskan. Untuk itu, agar tidak menyesatkan dan untuk mengimbangi artikel ini, di bawah artikel juga disajikan berita (VIVANews, Feb. 2013), tentang pernyataan Ketua PB NU terkait makam Mbah Priok. 

___________________________________________________________________________________________________________

Ribut-ribut rencana penggusuran makam Mbah Priok yang memakan jatuhnya korban jiwa, mengungkap asal mula nama Tanjung Priok. Nama Tanjung Priok disebut berasal dari Mbah Priok atau Habib Hasan bin Muhammad Al-Hadad. Ia lahir di Ulu Palembang tahun 1727. Habib Hasan disertai para pengikutnya kemudian berlayar ke Jawa tahun 1756 untuk menyebarkan dakwah Islam.

palembang-1-web

Banyak dikutip media, dalam perjalanannya, perahu layar Habib Hasan lalu dibom oleh Belanda. Bom itu meleset, tapi kemudian ombak besar menggulung kapal yang ditumpangi sang Habib. Akibat ombak besar, perahu tersebut tenggelam, mengakibatkan wafatnya Habib Hasan bin Muhammad Al-Hadad yang dijuluki Mbah Priok. Nama lengkapnya Al Imam Al`Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad RA.

Jasadnya kemudian ditemukan penduduk. Di samping jasadnya ditemukan periuk nasi. Setelah dimakamkan, periuk nasi itu serta dayung perahu kemudian diletakkan di makamnya, sekaligus sebagai nisan yang menandai makamnya. Mitos berbau mistik yang dihubungkan dengan periuk nasi itu, kemudian berkembang menjadi kisah turun temurun. Misalnya periuk nasi itu seakan mengeluarkan cahaya, atau nampak seakan-akan membesar, dan mitos lainnya. Mitos tentang periuk ini begitu melekat, sehingga penduduk menamakannya Mbah Priok. Terilhami dari kata periuk nasi. Dari kata ini, daerah di sekitarnya kemudian dinamakan Tanjung Priok.
Di balik segala mitos itu, yang tidak dilupakan masyarakat, yaitu Habib Hasan bin Muhammad Al-Hadad atau Mbah Priok kemudian dihormati sebagai tokoh yang gugur karena tujuan mulia, yaitu ingin menyiarkan dakwah kebenaran dan kebaikan melalui Islam. Hal ini pula yang menimbulkan kemarahan masyarakat, yang menilai Pemda kurang menghargai jejak historis yang turun-temurun sudah hidup menjadi legenda sekaligus peninggalan sejarah yang sangat berarti bagi rakyat.

Ada yang menarik di balik cerita tentang Mbah Priok. Disebut-sebut juga bahwa ia pernah berkunjung ke Hadramaut di Yaman semenanjung Arab tanah leluhurnya, sekaligus ingin menengok adiknya yang sedang belajar di sana.

palembang-2-web

Illustrasi kuno tentang kostum orang Yaman

Mbah Priok lahir di Palembang. Namun Mbah Priok atau Habib Hasan bin Muhammad Al-Hadad adalah keturunan Arab yang berasal dari Hadramaut/Hadhrmawt/Hadhramout, Yaman yang terletak di pantai selatan semenanjung Arab. Dalam kitab Taurat (Yesaya 10:26-28), nama Hadramaut disebut Hazarmaveth.

Antara Palembang dan Hadramaut memang ada latar belakang sejarahnya. Menurut penelitian Van den Berg, sebelum abad ke-19, masuknya orang-orang Hadramaut sebagian besar melalui Aceh sebagai pintu pertama, namun akhirnya lebih memilih menetap di pelabuhan berikutnya, yaitu Palembang. Sebabnya, karena umumnya ulama Hadramaut akhirnya berhasil mendapat tempat yang baik di Kesultanan Palembang. Jalinan baik antara kesultanan dengan para ulama, habib dan wali asal Hadramaut di Yaman, akhirnya membina ikatan batin yang kuat antara Palembang dan Hadramaut.

palembang-3-web

Illustrasi kuno, Palembang Juni 1821

Di abad lampau pelabuhan Palembang tergolong pelabuhan perdagangan penting. Maklum, sejak jaman kerajaan Sriwijaya, Palembang telah dikenal sebagai kota penting sebelum akhirnya pindah ke Jambi. Di masa lalu Palembang tercatat pernah menjadi lintas transaksi perdagangan dunia, di antaranya dengan Arab. Letaknya sebagai poros perdagangan strategis ketika itu, membuat Palembang banyak disinggahi kaum pedagang sekaligus penyebar syiar Islam dari jazirah Arab.

Sebagian besar pedagang dan ulama Arab yang berdatangan ke Indonesia umumnya dan Palembang khususnya, berasal dari Hadramaut, Yaman Selatan. Orang Hadramaut, leluhur Mbah Priok disebut-sebut umumnya adalah keturunan ke-12 Nabi Muhammad. Sebagian di antara kaum Hadramaut yang tiba di Palembang, tadinya datang untuk berdagang dan menyiarkan agama. Namun setelahnya mereka bermukim secara tetap di Palembang dan beranak-cucu. Banyak di antara keturunannya yang tetap aktif menyebarkan syiar Islam. Karena misi itu jugalah, keturunan Hadramaut akhirnya lalu berkelana dan tersebar di seluruh nusantara. Salah satu keturunannya, termasuk Mbah Priok.

Peran dan sumbangsih kaum keturunan Hadramaut bagi perjuangan bangsa di Indonesia, turut tercatat dalam sejarah. Sebetulnya selain Mbah Priok, masih ada lagi keturunan Hadramaut yang namanya menjadi asal-usul nama daerah di Jakarta.

palembang-4-web

Tanjung Priok tempo doeloe, berasal dari nama Mbah Priok

Kalau Anda menelusuri jalan Gajah Mada menuju Jakarta Kota, maka Anda akan sampai ke jalan Alaydrus, bersebelahan dengan jalan KH Hasyim Asyhari. Nama jalan itu pun berasal dari seorang ulama keturunan Hadramaut, yaitu Habib Abdullah bin Husein Alaydrus, yang meninggal tahun 1936. (Leluhurnya, Al Habib Abdullah bin Idrus Alaydrus juga keturunan Hadramaut yang dulu bermukim di Palembang. Makamnya terletak di dekat makam Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin I).

Alaydrus, seorang juragan kaya di jamannya. Namanya menjadi nama jalan di Jakarta. Karena 80 gedung di jalan itu dan 25 gedung di dekatnya, jalan Gajah Mada beserta lahannya adalah milik Alaydrus. Di Jati Petamburan ia juga memiliki tanah seluas 11,5 ha. Di jaman Belanda, masih ada tanah di sekitar situ yang juga diberi  nama jalan sesuai dengan nama anak Alaydrus, yaitu Husein Laan dan Ismail Laan. Menurut catatan Van den Berg, Alaydrus berjasa membantu perang Aceh, membangun pendidikan Islam modern pertama di Jakarta (Jamiatul Kheir). Juga membantu perluasan mesjid tua An-Nawir di Pekojan Barat. Begitulah, peran keturunan Arab-Hadramaut sejak Mbah Priok sampai generasi sekarang tidak terlepas dari sejarah perjalanan bangsa.

Pasca kemerdekaan, orang keturunan Hadramaut yang menjadi publik figur di antaranya Ali Alatas (mantan Menlu), Fadel Muhammad (Gubernur Gorontalo), Fuad Hasan (mantan Mendikbud), Lutfiah Sungkar (ustadzah), Quraish Shihab (mantan Menag), Motinggo Busye alias Bustomi Bawazier (novelis), Abdurrahman Saleh (mantan Jaksa Agung), Muchsin Alatas (penyanyi dangdut), Ahmad Albar (rocker), Alwi Shihab (mantan menlu), Munir (aktivis HAM), Ali Shahab (budayawan Betawi, wartawan), dan masih sederet nama lain. Bahkan Van Den Berg mencatat, diduga di antara Wali Songo ada juga yang keturunan Hadramaut. Dari sini bermula hikayat bahwa di antara Wali Songo ada yang masih keturunan Nabi Muhammad. Karena orang-orang Hadramaut juga dipercaya merupakan keturunan ke-12 Nabi Muhammad. Untuk membuktikan apakah benar demikian, tentu diperlukan penelusuran lebih mendalam.

Kembali ke Mbah Priok. Bagaimanapun juga ketokohan seorang pendakwah syiar Islam seperti Mbah Priok, selalu mendapat tempat khusus dan terhormat di hati umatnya. Penggusuran makam bernilai sejarah dengan dalih apapun, sepantasnya didasari pertimbangan dan kesediaan memahami kondisi sosial-kultur masyarakat, demi menghindari pertumpahan darah.

palembang-5-web

Foto: Keributan seputar rencana penggusuran makam Mbah Priok

Kerusuhan makam Mbah Priok terpicu akibat kepentingan pembangunan terminal peti kemas, sayang sekali membuat rakyat harus menyaksikan korban-korban di dalam peti mati. Insiden Kamis 15 April 2010, mencatat 3 korban jiwa, 134 korban luka-luka dan puluhan mobil rusak dibakar massa.

Azas legalitas yang menjadi pegangan pemerintah kota, ternyata menjadi tak bermakna jika itu sudah memakan beberapa korban jiwa yang tak perlu.

Walentina Waluyanti

Nederland, 15 April 2010

 _______________________________________________________

 Ketua Umum PBNU: Makam Mbah Priok Sudah Kosong

 Dia mendorong polisi merapikan komplek makam untuk pembangunan jalan.

 Jum'at, 1 Februari 2013, 12:45 Dwifantya Aquina , Syahrul Ansyari

palembang-6-web

Makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara, diusulkan Ketua PBNU Said Aqil untuk dirapikan. (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis) (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

 VIVAnews - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mendatangi Gedung Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Jumat 1 Februari 2013. Selain bersilaturahmi dengan Kabareskrim Komisaris Jenderal Polisi Sutarman, Said juga membahas soal makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara.

Menurut Said, masyarakat sekitar makam tersebut sudah saatnya menerima kenyataan bahwa makam Mbah Priok sudah kosong. "Sudah tidak ada Mbah Priok. Jasad Mbah Priok sudah dipindah ke kawasan Semper, Jakarta Utara," kata Said usai bertemu Sutarman.

Said pun mengatakan tidak ada artinya lagi mempertahankan makam Mbah Priok di sana. Dia mendorong polisi untuk merapikan komplek makam tersebut dalam rangka pembangunan jalan yang tertunda. 

"Nanti proyek pembangunan diteruskan. Itupun tidak semua dibongkar. Komplek makamnya tidak dibongakar. Tetap di situ," ujarnya.

Dia meminta masyarakat setempat mempercayai ucapannya ini karena NU merupakan organisasi yang paling mempertahankan kuburan jika memang benar-benar ada.

"Kalau kuburannya kosong untuk apa dipertahankan. Kalau non NU bicara begini pantas dicurigai. Kalau NU yang ngomong kuburan sudah tidak ada, ya harus dipercaya, dong. NU itu mempertahankan kuburan, tapi kalau NU mengatakan tidak ada, ya artinya sudah tidak ada," dia memastikan.

*****

Back


back to homepage button-new