Travelling

Politik Dinasti

History

Saksi Bisu Jaman Jepang

verzet1 ww small

Read More

Writen by Walentina Waluyanti

History / Politik

Ssst, Ini Debat Tabu

sstinidebat1 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Diverse

Cari Bukti Tuhan Ada?

photo4 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penggali Pancasila

Memori

Sakit Hati Soeharto pada Habibie

soehartotien

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

Pre-History

History

Bangsa Kelt, Cikal Bakal Orang Eropa

IMG 5368 web wm

Read More

Writen by Walentina Waluyanti

VOC

Ngintip Pembuatan Kapal VOC di Belanda

VOC01a

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Penyebab Mengapa Komunis Harus Atheis

komunis3Read More

Writen by Walentina Waluyanti

History/Politics

Minta Maaf pada PKI?

IISG 1

Read More

Writen by Walentina Waluyanti

Inspiratif

Mantap! Tak Tamat SD, Kalahkan Sarjana!

hamka 01

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti de Jonge is an Indonesian author/essayist, historical book writer, teacher.

Jika ada yang menggunakan nama saya Walentina Waluyanti untuk meminta sejumlah uang,  melalui ex-email saya walentinawa@yahoo.com, saya sampaikan itu bukanlah dari saya, sebab email saya di yahoo.com sudah lama dibajak.

Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Awal Mula Islam Tersebar ke Seluruh Dunia

Penulis: Walentina Waluyanti - Nederland

Pada mulanya Islam merupakan agama yang masih terbatas hanya dikenal di jazirah Arab. Tetapi kemudian menyebar, meluas, hingga menjadi agama yang dikenal oleh seluruh dunia. Secara singkat, beginilah awal mulanya hingga agama Islam tersebar ke seluruh dunia.

Setelah Nabi Muhammad wafat tahun 632, orang yang ditunjuk sebagai khalifah pertama dari umat Islam adalah Abu Bakar. Khalifah adalah gelar yang diberikan kepada seseorang sebagai pemimpin umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad. Khallifah Abu Bakar adalah mertua Nabi Muhammad. Aisyah, putri Abu Bakar adalah istri Nabi Muhammad.

Mengapa harus ada khalifah yang ditunjuk? Sebab khalifah sangat penting peranannya dalam mengatur tatanan masyarakat (pemeluk Islam) ketika itu. Islam sebagai pedoman umatnya, berisi tidak hanya hal-hal menyangkut kerohanian, tetapi juga berisi aturan hukum, misalnya menyangkut urusan administrasi pemerintahan dan tata hidup bermasyarakat/politik. Sebutkan saja contoh sederhana, tentang siapa yang wajib membayar zakat dan siapa yang berhak menerima zakat.

mulaislam002a

Khalifah adalah pengatur dan pengambil keputusan-keputusan penting sehubungan dengan aturan hukum dan urusan-urusan masyarakat, agama dan tata pemerintahan. Tugas khalifah juga mencakup tanggung jawab mempertahankan eksistensi Islam, termasuk mengenalkan dan memperluas ajaran agama. Usaha penyebaran agama diyakini oleh pemeluk Islam sebagai bentuk dakwah Islamiyah, untuk menyebarkan amal kebaikan.

Dengan mengenakan kacamata sesuai konteks jaman itu, maka meluaskan ajaran agama, artinya disertai pula dengan ekspansi untuk mencari wilayah-wilayah taklukan. Dengan memperoleh wilayah taklukan, otomatis ajaran agama itu juga akan mudah tersebar.

Sehubungan dengan hal di atas, sebagai khalifah yang juga punya otoritas atas kebijakan politik, Abu Bakar memerintahkan penaklukan terhadap Kerajaan Byzantium (Romawi Timur), Kerajaan Persia (Irak), dan Suriah. Hanya 2  tahun Abu Bakar menjabat sebagai khalifah. Pada usia 61 tahun ia wafat karena sakit.

Wafatnya Abu Bakar kemudian memunculkan Umar bin Khattab sebagai pengganti. Dunia Barat menjuluki Umar bin Khattab pengganti Abu Bakar ini dengan sebutan "Sang Penakluk".

Sang Penakluk bernama Umar bin Khattab yang lahir di Mekkah itu, menjadi khalifah kedua. Sebagai pemegang tongkat estafet berikutnya, ia melanjutkan tugas pendahulunya termasuk kewajban menyebarkan ajaran Islam. Tugas yang diemban Umar bin Khattab antara lain tetap berusaha menaklukkan wilayah-wilayah sebagaimana yang dahulu diperintahkan oleh khalifah Abu Bakar.

Nah, khalifah Umar bin Khattab inilah yang dianggap paling berjasa dengan strateginya menaklukkan wilayah-wilayah, sehingga penyebaran Islam semakin meluas. Keberaniannya dalam peperangan dan menaklukkan musuh, serta usahanya mencari wilayah-wilayah taklukan demi menyebarkan Islam, membuat ia dijuluki Singa Padang Pasir.

Selama kekhalifahannya, Umar berhasil menguatkan pijakan Islam di wilayah-wilayah seperti Kerajaan Persia (Irak), menaklukkan wilayah-wilayah pendudukan Kerajaan Romawi, antara lain propinsi-propinsi di Mesir, Yerusalem, Palestina dan Syria. Kerajaan Romawi dan Kekaisaran Persia ketika itu sebelumnya sedang direpoti oleh perang selama 26 tahun, sehingga hal ini melemahkan posisi mereka. Posisi yang lemah itu turut mempermudah usaha ekspansi yang diilakukan Umar bin Khattab.

Titik paling penting dalam pemerintahan Umar bin Khattab adalah lahirnya fenomena yang kemudian mendunia. Yaitu Islam tidak lagi hanya dikenal sebagai agama bangsa Arab saja. Dengan ditaklukkannya banyak wilayah oleh Umar bin Khattab, tumbuh fenomena baru, yaitu fenomena lahirnya kekaisaran Islam di banyak wilayah, yang tidak hanya berada di Arab saja.

Jasa Umar bin Khattab dikomentari oleh Abdullah bin Mas’ud, salah satu sahabat Nabi Muhammad, “Penyerahan Umar bin Khattab kepada Islam adalah penaklukan, kepemimpinannya adalah sebuah berkat”.

Jika ditanya, faktor apakah yang membuat Umar bin Khattab berhasil membawa Islam pada kejayaan? Apakah karena Umar bin Khattab berhasil merebut banyak wilayah taklukan? Sebetulnya bukan hal tadi yang menjadi keunggulan utama Umar bin Khattab.

Faktor utama yang membuat Islam pernah mencapai puncak kegemilangannya melalui kekhalifahan Umar bin Khattab adalah karena jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab. Di dalam kepemimpinan Umar bin Khattab bersemayam "jiwa pendobrak". Ia punya jiwa pembaharu. Umar bin Khattab berani mengadakan beberapa perubahan dan pembaharuan aturan hukum, yang disesuaikan dengan jaman pada waktu itu. Umar bin Khattab adalah seorang reformis pada jamannya. Ia berani merevisi hukum dan peraturan yang dipandang tidak lagi sesuai dengan kondisi dan jaman pada saat itu. Ia bersedia mengadakan penyesuaian dengan jaman.

mulaislam001a

Keberanian Umar bin Khattab mengadakan reformasi, membuatnya banyak disebut-sebut sebagai tokoh pembaharu (pada masanya) yang membawa Islam pada zaman kejayaan. Ya! Keunggulan Umar bin Khattab karena ia juga adalah seorang pemikir yang berani mendobrak kekolotan, dengan melakukan pembaharuan dalam hukum dan administrasi tata pemerintahan. Ia adalah pemimpin yang pandai membaca zaman.

Tumbuhnya berbagai kekaisaran Islam, dan pembaharuan yang disesuaikan dengan perkembangan jaman pada masa itu, membuat Islam mudah diterima di wilayah-wilayah taklukannya. Kekuasaan yang besar dengan wilayah yang luas, selanjutnya diikuti pula kemudahan menyebarkan pengaruh. Dengan pengaruhnya yang kuat, terlebih kemudian dengan berkembangnya trend ekspansi perdagangan, membuat penyebaran Islam akhirnya menyebar ke banyak negara. Penyebaran Islam yang awalnya dilakukan dengan mencari wilayah-wilayah taklukan, kemudian berkembang melalui pedagang-pedagang Arab yang berkelana ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di dalam konteks kekinian, pertanyaannya adalah siapakah kini pemimpin Islam yang punya jiwa pembaharu seperti Umar bin Khattab? Siapakah pemimpin Islam yang berani mengadakan pembaharuan dan reformasi sesuai dengan gelagat zaman di mana ia hidup?*** (Penulis Walentina Waluyanti de Jonge, historical book writer)

Artikel terkait:

Ini Penyebab Mereka Menggambar Nabi Muhammad

Satu Ayah Lain Ibu, Asal Mula Konflik Palestina-Israel

Asyiknya Lebaran Jadul

walentina01Walentina Waluyanti, penulis buku "Sukarno Hatta Bukan Proklamator Paksaan"

About Me

Back

Buku Walentina di Gramedia

Fenomena

Historic House

Berkunjung ke Rumah Karl Marx di Jerman

DSC 0180wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Bung Hatta

Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

DSC 0424wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Quote by Walentina Waluyanti

walentina avatar

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."