Corona di Belanda: UPDATE 31 Maret 2020

Total terinfeksi: 12.595 orang (+845)

Total meninggal: 1039 orang  (+175)

Diprotes Usai Minta Maaf, Begini Reaksi Raja Belanda

Walentina Waluyanti - Belanda

[12-3-2020] - Raja Willem Alexander menyadari bahwa permintaan maafnya kepada Indonesia adalah isu sensitif bagi beberapa kelompok di Belanda. Namun Raja Belanda melakukan hal itu dengan kesadaran sendiri. Dan ia merasa bahwa keputusannya untuk menyampaikan permintaan maaf adalah keputusan yang tepat. Raja Belanda menjelaskan hal ini kepada media Belanda “Trouw”.

Raja Minta Maaf, Orang Indo & Maluku Marah

Walentina Waluyanti – Belanda

[10-3-2020] - “Orangtua kami akan bangkit dari kubur dengan adanya permintaan maaf dari Raja!”, kata Michael Letze, juru bicara federasi masyarakat Indisch Belanda atau De Federatie Indische Nederlanders (FIN).

Bersejarah! Untuk Pertama Kali Belanda Minta Maaf dan Mengakui Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Walentina Waluyanti – Belanda

[10-3-2020] - Pada hari pertama kunjungan kenegaraan ke Indonesia (9/3), Raja Belanda Willem Alexander menyatakan penyesalan dan meminta maaf atas kekerasan Belanda selama perang kemerdekaan Indonesia (1945-1949).

Lahir di Bogor, Dubes Belanda Lambert Grijns: Indonesia Melampaui Belanda di Peringkat Ekonomi

Walentina Waluyanti – Belanda

[9-3-2020] - Dalam rangka kunjungan kenegaraan Raja Belanda Willem Alexander dan Putri Maxima ke Indonesia, media Belanda Het Parool (9/3-20) mewawancarai Lambert Grijns Duta Besar Belanda untuk Indonesia.

Aksi Keturunan Indo Menggugat Pemerintah Belanda

Walentina Waluyanti – Belanda

[9/3-2020] - Pasca kemerdekaan RI, banyak orang Belanda, orang Indo (campuran Indonesia Belanda), sejak tahun 1945-1960an yang harus meninggalkan Indonesia. Orang Indo disebut juga orang Indisch adalah keturunan campuran Indo-Eropa. Di Belanda mereka lebih dikenal dengan sebutan “orang Indisch”. Pada masa kolonialisme, banyak di antaranya bekerja di Indonesia sebagai tentara KNIL (tentara Kerajaan Belanda). Setelah selesai perang, mereka pindah ke Belanda.

Ini Argumen Palestina dan Israel tentang Siapa yang Berhak atas Yerusalem

Penulis@Copyright: Walentina Waluyanti –Nederland

Yerusalem diakui sebagai kota suci, baik bagi Palestina maupun Israel. Kedua pihak merasa berhak mengklaim Yerusalem sebagai ibukota negaranya. Palestina merasa berhak atas Al-Quds (sebutan orang Palestina untuk ‘Yerusalem’). Orang Palestina berargumen bahwa Yerusalem dahulu didiami oleh suku Yebus. Menurut Yasser Arafat, orang Arab Palestina sebetulnya adalah keturunan dari suku Yebus. Tetapi Yerusalem kemudian diduduki oleh Nabi Daud (David) yang menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Kerajaan Israel.

Berkunjung Ke Makam Vasco da Gama:

Awal Masuknya Portugis ke Nusantara

Penulis: Copyright @ Walentina Waluyanti - Belanda

Telah lama Raja Manuel I dari Portugal mencari nakhoda yang bersedia menempuh perjalanan ke Asia melewati Afrika. Ini adalah rencana kerajaan yang 80 tahun sebelumnya telah dirancang. Tujuannya tidak lain untuk mencari rempah-rempah. Kerajaan-kerajaan di Eropa ketika itu memang berlomba-lomba mencari route ke Asia demi memperoleh rempah-rempah.

Bagaimana Rasanya Menjadi Anak Aidit?

Penulis: Walentina Waluyanti - Belanda

Aidit menjadi buruan, setelah tanggal 2 Oktober dini hari ia melarikan diri ke Yogyakarta, begitu melihat gelagat bahwa kup G30S ternyata  menemui kegagalan. Dari Yogyakarta, Aidit berpindah-pindah tempat di daerah Solo, Klaten, dan sekitarnya. Disayangkan, Aidit seolah sengaja dihindarkan dari Sidang Mahmillub. Ia ditembak mati pada hari ia tertangkap. Pada 23 November 1965, terbetik kabar Aidit ditembak mati di Boyolali.

Konflik SBY-Antasari, Kisah Pilu di Balik Misteri Century

Penulis: Walentina Waluyanti

Antasari memberi kado pada hari kasih sayang atau Hari Valentine,  kepada orang yang dicintai. Maksudnya orang yang dicintai Ani, yaitu SBY. Hari Valentine 2017 tak akan pernah dilupakan SBY. Pada 14 Februari 2017, Antasari berbicara kepada pers. Esensinya adalah Antasari menuding SBY sebagai orang yang tahu skenario kriminilasasi dirinya. Akibatnya Antasari sempat mendekam di penjara selama 7 tahun+10 bulan, karena dituduh terlibat pembunuhan Nasrudin. Nah, Antasari terang-terangan memulai perang terhadap SBY. Secara tak langsung, tangan SBY diduga juga ikut "terpercik" darah Nasrudin. Kalau sinyalemen Antasari itu betul, tentu saja ini menggegerkan. Bagaimana mungkin seorang presiden yang terhormat bisa melakukan ini?

Pemimpin Berpoligami dan Nikah Siri?

Inilah Tipe yang Berpotensi Menjadi Pemimpin di Indonesia

 Penulis: Walentina Waluyanti de Jonge -Nederland

Anggapan umum mengatakan orang rupawan dan berasal dari keluarga terpandang, cocok menjadi pemimpin. Tetapi tampilnya Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin, mematahkan anggapan tadi. Meskipun tidak jelek, tetapi Jokowi tidak tergolong ganteng-ganteng amat. Selain itu, ia berasal dari wong cilik, yang kemudian sukses mengangkat nasibnya.