Masa Muda Bung Karno Tinggal di Rumah Ini!

Penulis/Foto: Mawan Sidarta

avatar01Traveler berwarna. Sudah menikah punya satu anak. Menekuni usaha kecil di rumah.

22 February 2015 | 17:57

 rumah tjokro01

Bagian depan rumah HOS Tjokroaminoto (Foto: Mawan Sidarta)

Sepulang dari mengunjungi Masjid Peneleh, perjalanan saya lanjutkan menuju rumah yang dulu pernah menjadi kediaman Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Beliau kita kenal sebagai pendiri organisasi Sarikat Dagang Islam.

Rumah HOS Tjokroaminoto juga dijadikan tempat kost oleh Bung Karno dan beberapa kawannya. Beberapa tokoh seperti Muso, Alimin, Kartosuwiryo dan Darsono pernah tinggal di rumah ini.

Sayang sekali saat bertandang ke sana, rumah HOS Tjokroaminoto dalam keadaan terkunci. Pengelolah rumah bersejarah ini tidak selalu ready bila ada pengunjung atau wisatawan yang datang. Sehingga suasana dalam rumah kost presiden pertama RI itu tak bisa saya abadikan.

toko buku 01

Toko Buku Peneleh yang kuno dan dipertahankan hingga sekarang. (Foto: Mawan Sidarta)

Rumah kost Bung Karno terletak di Peneleh gang VII Surabaya. Kampung ini tidak terlalu lebar. Beberapa bangunan rumah kuno masih tetap dipertahankan hingga sekarang. Salah satunya adalah “Toko Buku Peneleh”.

Bangunan toko ini masih terlihat kuno dan terawat. Hanya tulisannya saja yang sedikit memudar karena dimakan usia. Pilar-pilar bangunan toko masih terlihat kokoh. Memberi kesan kuno dan antik.

rumah tjkoroaminoto 01Dicanangkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Pemkot Surabaya. (Foto: Mawan Sidarta)

Rumah kediaman HOS Tjokroaminoto menjadi bangunan bersejarah yang harus dilestarikan. Oleh Pemerintah Kota Surabaya sesuai SK Walikota no. 188.45/251/402.1.04/1996 nomer urut 55 dicanangkan sebagai bangunan cagar budaya yang bisa mendatangkan para wisatawan dan menjadi bahan belajar generasi penerus bangsa.*** (Penulis/Foto: Mawan Sidarta, 22 Februari 2015)