Tips Menulis

Tips Menulis ala Walentina

tips 1 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

VOC

Ngintip Pembuatan Kapal VOC di Belanda

VOC01a

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

Atheis vs Theis

Cari Bukti Tuhan Ada?

photo4 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Penyebab Mengapa Komunis Harus Atheis

komunis1web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History

Jejak Tawanan di Kamp Nazi

kamp011ww

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Pengalaman Hidup di Belanda

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penggali Pancasila

Memori

Sakit Hati Soeharto pada Habibie

soehartotien

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Minta Maaf pada PKI?

IISG 1

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Cerita dari Belanda

Pengalaman Liburan dengan Caravan di Eropa

DSC 2141 036a

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti de Jonge is an Indonesian author/essayist, historical book writer, teacher.

Jika ada yang menggunakan nama saya Walentina Waluyanti untuk meminta sejumlah uang,  melalui ex-email saya walentinawa@yahoo.com, saya sampaikan itu bukanlah dari saya, sebab email saya di yahoo.com sudah lama dibajak.

Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Dimuat di Kompasiana

Sekolahan Bung Karno Disulap Jadi Kantor Pos Keren!

Penulis: Mawan Sidarta

 sekolahkarno1b

Kantor Pos Kebon Rojo masih mempertahankan gaya arsitektur khas Belanda

Bangsa Belanda menjajah Indonesia selama tiga setengah abad. Begitu besar penderitaan yang dirasakan rakyat akibat dijajah oleh negara asal Van Basten ini.

Meski demikian, tidak sedikit warisan dan jasa Belanda selama bercokol di bumi pertiwi tercinta ini. Misalnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi peran negara kincir angin ini cukup besar.

sekolahkarno2b

Salah satu keterangan di dinding kantor pos ini

Disamping itu tidak sedikit pula gedung-gedung tua warisan Belanda yang disulap menjadi benda cagar budaya dan banyak mendatangkan wisatawan. Sebagian lagi difungsikan kembali menjadi kantor-kantor penting di republik ini.

Di Surabaya ada warisan Belanda yang berupa gedung kantor pos tertua. Gedung ini unik dan menarik karena masih mempertahankan gaya arsitek negara asal bunga tulip ini.

“Kantor Pos Surabaya”, itulah yang akan terlihat di depan bangunan yang beralamat di Jalan Kebon Rojo, Surabaya. Tapi siapa sangka, di balik desain kunonya yang masih dipertahankan, bangunan ini pernah jadi Kediaman Bung Karno.

sekolahkarno3b

Interior gedung yang keren dengan beragam layanan untuk pelanggan

Kantor Pos Besar di Jalan Kebon Rojo Surabaya merupakan bangunan cagar budaya yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dulu, bangunan ini pernah menjadi kediaman presiden Indonesia yang pertama, yaitu Ir Soekarno. Hingga kini, bangunan ini masih berfungsi sebagai kantor PT Pos Indonesia di Surabaya.

sekolahkarno4b

Presiden Sukarno pernah tinggal di gedung ini

Gedung Kantor Pos Besar Surabaya didirikan pada tahun 1880. Selain pernah menjadi tempat kediaman Presiden Soekarno, gedung ini juga menjadi tempat belajar beliau semasa di Hogere Burger School (HBS) pada tahun 1915-1920.

Sampai sekarang, gedung ini masih terawat dengan baik. PT Pos Indonesia di Surabaya menggunakannya sebagai kantor pos pusat di kota ini. Berbagai produk dan layanan pelanggan tersedia lengkap di kantor pos tertua ini.

sekolahkarno5b

Kantor pos dari sisi lain

Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Jawa Timur, tidak ada salahnya menyempatkan diri melongok sebentar kantor pos tertua di Surabaya bahkan di Jawa Timur ini.

Bila menggunakan angkutan umum, Anda bisa berangkat dari terminal Joyoboyo naik angkot lyn D jurusan Pasar Turi dan berhenti di Jalan Kebon Rojo.

sekolahkarno6b

Yang masih tersisa, bis surat

Sambil berwisata sejarah menikmati indahnya gedung tua bergaya arsitektur khas Belanda, Anda bisa menikmati berbagai kemudahaan layanan yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia di Surabaya.

Sayangnya keramik lantai sudah tidak bisa dipertahankan keasliannya. Konon ada seorang oknum pejabat Kanwil yang telah melelang keramik-keramik lantai tersebut pada seseorang. Ironis !

sekolahkarno7b

Taman bunga turut mempercantik pesona gedung tua kantor pos ini

Di sebelah depan kantor pos, tepatnya di pinggir trotoar berjajar pedagang kaki lima yang siap melayani Anda dengan kuliner khas Surabaya. Ada lontong balap sate kerang dan beraneka jajanan khas lainnya.

Kantor Pos Kebon Rojo Surabaya juga memiliki taman bunga yang cantik. Berfoto ria bersama keluarga saat mengunjungi gedung ini tentu menjadi pengalaman destinasi yang mengesankan.

sekolahkarno8b

Foto: Area parkir kendaraan yang cukup leluasa

Back

Add comment


Security code
Refresh

Diverse

 Asyiknya Lebaran Jadul

IMG 4172wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History

Di Balik Matinya Hitler

hitler eva2

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Buku Walentina di Gramedia

Buku Walentina Waluyanti di Gramedia

walentina06

Read more

Written by Walentina Waluyanti

Bung Hatta

Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

DSC 0424wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Korban Hitler

Mengerikan! Rumah Jagal Pemusnah Manusia!

dachau013

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

'Tembak Bung Karno'

Historic House

Berkunjung ke Rumah Karl Marx di Jerman

DSC 0180wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Quote by Walentina Waluyanti

walentina avatar

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."

email: walentina@waluyanti.com