Tips Menulis

Tips Menulis ala Walentina

tips 1 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Atheis vs Theis

Cari Bukti Tuhan Ada?

photo4 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Penyebab Mengapa Komunis Harus Atheis

komunis1web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History

Jejak Tawanan di Kamp Nazi

kamp011ww

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Pengalaman Hidup di Belanda

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penggali Pancasila

Memori

Sakit Hati Soeharto pada Habibie

soehartotien

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Minta Maaf pada PKI?

IISG 1

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Cerita dari Belanda

Pengalaman Ber-caravan di Eropa

DSC 2141 036a

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti de Jonge is an Indonesian author/essayist, historical book writer, teacher.

Jika ada yang menggunakan nama saya Walentina Waluyanti untuk meminta sejumlah uang,  melalui ex-email saya walentinawa@yahoo.com, saya sampaikan itu bukanlah dari saya, sebab email saya di yahoo.com sudah lama dibajak.

Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Catatan: Terima kasih dan apresiasi saya haturkan kepada Budiawan Dwi Santoso yang telah menuliskan review tentang buku “Tembak Bung Karno Rugi 30 Sen”.

Resensi Buku "Tembak Bung Karno Rugi 30 Sen":

Hikmah di Balik Sejarah Bung Karno

Penulis: Dwi Budiawan Santoso

Walentina Waluyanti De Jonge tak akan membiarkan sejarah tentang Bung Karno menguap dan menghilang begitu saja pada masa kini atau masa depan nanti. Ikhtiar ini dibuktikan olehnya dengan menerbitkan buku Tembak Bung Karno, Rugi 30 Sen (2014). Sekilas, judul ini terasa humoris. Namun, pada kenyataannya, judul tersebut pernah dilontarkan Kapten Westerling, orang yang anti-Sukarno dan pernah menjadi Komandan Pasukan Baret Hijau di Makasar pada 6 Desember 1946.

Read more...

Dimuat di Harian Kompas, 15 November 2015

Membongkar Mitos "Proklamator Paksaan"

Penulis: Prof. Dr. Phil. Gusti Asnan - Guru Besar Sejarah

Catatan Walentina: Terima kasih kepada Prof. Dr. Phil. Gusti Asnan yang telah mengapresiasi buku saya melalui resensinya di Harian Kompas atas karya saya, yaitu buku Sukarno-Hatta Bukan Proklamator Paksaan.  

Read more...

Guest

K(em)enangan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma

avatar 01Penulis: Jimmy Frismandana Kudo

Hari Sabtu, 22 November 2014, tak diragukan lagi merupakan hari yang luar biasa dan maha penting bagi penulis pribadi dan anak-anak keluarga besar yang berhati besar kelas XI SMA Darma Yudha angkatan 2014/2015. Pada waktu itu, penulis bersama para generasi penerus bangsa Indonesia tercinta ini melakukan ziarah bersejarah dan k(em)enangan berharga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Pekanbaru yang berlokasi di pusat kota Bertuah, Jln. Jenderal Sudirman.

Read more...

Guest

Catatan: Terima kasih kepada Pak Jimmy Frismandana atas apresiasinya. Tulisan Jimmy Frismandana Kudo (seorang guru Sejarah) ini, dimuat di Harian Riau Pos, 1 Maret 2015. Tulisan ini adalah review/resensi atas buku "Sukarno Hatta Bukan Proklamator Paksaan" karya Walentina Waluyanti de Jonge. Isi buku ini juga dibahas oleh Guru Besar sejarah Prof. Dr. Phil. Gusti Asnan, dimuat di Harian Kompas, klik Membongkar Mitos "Proklamator Paksaan"

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penulis: Jimmy Frismandana Kudo - Pekanbaru

Mendengar dua nama yakni Sukarno dan Hatta maka tidak dapat diragukan lagi bahwa kedua tokoh besar bangsa Indonesia ini memiliki andil besar dan kiprah luar biasa dalam sejarah panjang perjuangan membebaskan ibu pertiwi Indonesia dari belenggu kolonialisme. Kedua Bapak Bangsa dengan keunikan karakter masing-masing ini telah membawa Indonesia menuju kemerdekaannya yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 tepat pada saat bulan Ramadan berlangsung. Kedua manusia fenomenal ini sejak dari usia muda telah memikirkan secara matang untuk mewujudkan cita-cita besar agar Sang Saka Merah Putih berkibar dari Sabang sampai dengan Merauke. Cita-cita mulia ini tentu membutuhkan perjalanan panjang yang berliku sampai pada akhirnya Indonesia merdeka.

Read more...

Guest

Catatan: Tulisan Nugroho Angkasa, seorang guru dan editor ini dimuat di Tribun Jogja, 14 Desember 2014. Tulisan ini adalah review/resensi atas buku "Tembak Bung Karno Rugi 30 Sen” karya Walentina Waluyanti de Jonge. Terima kasih atas apresisasinya.

Read more...

Culture

History

Di Balik Matinya Hitler

hitler eva2

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Buku Walentina di Gramedia

Buku Walentina Waluyanti di Gramedia

walentina06

Read more

Written by Walentina Waluyanti

Bung Hatta

Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

DSC 0424wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Korban Hitler

Mengerikan! Rumah Jagal Pemusnah Manusia!

dachau013

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

'Tembak Bung Karno'

Historic House

Berkunjung ke Rumah Karl Marx di Jerman

DSC 0180wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Quote by Walentina Waluyanti

walentina avatar

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."

email: walentina@waluyanti.com