Ngeri! Ahli Epidemi: Sepanjang Karir Saya, Tak Ada Penyakit  yang Paling Menakutkan Selain Corona

Walentina Waluyanti - Belanda 

Seorang ahli yang berada di lini terdepan dalam pencarian vaksin virus corona, Richard Hatchett mengakui bahwa corona adalah penyakit yang paling menakutkan yang pernah ia temui sepanjang karirnya.

Ada yang meremehkan bahaya corona, bahkan menyamakan sebagai flu biasa yang tak perlu ditakutkan? Ahli epidemi Richard Hatchett mengatakan,“Ini adalah penyakit yang paling menakutkan yang pernah saya temui dalam karier saya, dan itu termasuk Ebola, termasuk MERS, termasuk SARS.”  Mengapa menakutkan? Menurut Hatchett, corona menakutkan karena kombinasi antara infeksi dan kematian yang tampaknya jauh lebih tinggi daripada flu.

italie corona 02

Richard Hatchett ahli epidemi, Direktur organisasi CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations)

Pernyataan di atas dikatakan oleh seorang ahli epidemi, Richard Hatchett dalam sebuah wawancara dengan Chanel 4 di Inggris (Jumat, 6/3). Siapakah Richard Hatchett? Ia pernah duduk di Dewan Keamanan Tanah Air Gedung Putih pada 2005 – 2006. Ia juga merupakan penulis utama Strategi Nasional untuk Rencana Implementasi Pandemi Influenza, dan saat ini mengepalai Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidem.

Begitu menakutkannya corona sehingga ia menganalogikan virus corona dengan Perang Dunia II. Sangat menakutkan mendengar prdiksi Hatchett, yang mengatakan bahwa sekitar 50-70 persen dari populasi global dapat terinfeksi virus corona. Oleh karenanya ia mengatakan bahwa "perang adalah analogi yang tepat" .

Kata Hatchett, “"Saya tidak berpikir analogi yang gila untuk membandingkan ini dengan Perang Dunia II. Organisasi Kesehatan Dunia menggunakan istilah-istilah semacam itu. Mereka telah melihat apa yang mampu dilakukan oleh virus ini."

Ketika ditanya apa yang paling mengkhawatirkan tentang coronavirus, Hatchett berkata, "Saya pikir hal yang paling memprihatinkan tentang virus ini adalah kombinasi dari infeksi dan kemampuan untuk menyebabkan penyakit parah atau kematian. Dan sejak tahun 1918, wabah Flu Spanyol, kami belum melihat virus yang menggabungkan kedua kualitas dengan cara yang sama.”

Mengapa Richard berpendapat bahwa corona sangat menakutkan, dapat dilihat dari perbandingan dengan penyakit dan virus mematikan lainnya. Richard Hatchett membandingkan bahwa ia telah melihat sejumlah virus yang sangat mematikan. Ebola, Nipah, atau penyakit lain, virus tersebut (hanya) memiliki tingkat kematian yang tinggi. Tingkat kematian Ebola di beberapa tempat lebih besar dari 80%. Tetapi virus-virus ini tidak memiliki kemampuan menular seperti virus corona. Mereka tidak memiliki potensi untuk meledak dan menyebar secara global.

Tentang kemungkinan corona menjadi pandemi global, Hatchett mengatakan bahwa coronavirus memiliki "potensi untuk menyebabkan pandemi global, jika ini belum disebut pandemi."

Pendapatnya tentang bagaimana virus telah menyebar di seluruh dunia? Hatchett mengatakan "Singapura dan Hong Kong tidak menutup diri tetapi mereka merespons dengan sangat agresif. Pelacakan kontak sangat penting. Karantina kontak secara sukarela sangat penting. Isolasi kasus itu penting. Saya pikir mungkin ada waktu untuk menutup sekolah.”

Richard Hatchett juga adalah Direktur organisasi CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations) yang didirikan tiga tahun lalu untuk melawan penyakit yang muncul yang mengancam kesehatan global. CEPI yang dipimpinnya adalah kemitraan antara pemerintah, industri, dan badan amal.

Walentina Waluyanti

Belanda, 8 Maret 2020