Tips Menulis

Tips Menulis ala Walentina

tips 1 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

VOC

Ngintip Pembuatan Kapal VOC di Belanda

VOC01a

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

Atheis vs Theis

Cari Bukti Tuhan Ada?

photo4 web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Penyebab Mengapa Komunis Harus Atheis

komunis1web

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History

Jejak Tawanan di Kamp Nazi

kamp011ww

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Pengalaman Hidup di Belanda

Dwitunggal Soekarno-Hatta

Penggali Pancasila

Memori

Sakit Hati Soeharto pada Habibie

soehartotien

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

History/Politics

Minta Maaf pada PKI?

IISG 1

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Cerita dari Belanda

Pengalaman Liburan dengan Caravan di Eropa

DSC 2141 036a

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti de Jonge is an Indonesian author/essayist, historical book writer, teacher.

Jika ada yang menggunakan nama saya Walentina Waluyanti untuk meminta sejumlah uang,  melalui ex-email saya walentinawa@yahoo.com, saya sampaikan itu bukanlah dari saya, sebab email saya di yahoo.com sudah lama dibajak.

Hindari perkara hukum dengan tidak memplagiat tulisan Walentina Waluyanti. Semua tulisan Walentina Waluyanti di website ini dilindungi UU Hak Cipta. Dilarang memperbanyak dan melipatgandakan materi dalam website ini dalam bentuk apapun tanpa ijin Walentina Waluyanti sebagai pemilik website. Copy paste harap mencantumkan nama penulis. Copy paste tanpa mencantumkan nama penulis, sama dengan plagiat. DILARANG KERAS MENGKOMERSILKAN karya penulis Walentina Waluyanti/Walentina Waluyanti de Jonge tanpa IJIN TERTULIS dari penulis Walentina Waluyanti. Melanggar larangan ini berarti melanggar UU Hak Cipta. Hindari tuntutan hukum dengan tidak melakukan pelanggaran atas UU Hak Cipta. 

Reproduceren en kopieeren van alle materialen van deze website van welke aard dan ook is verboden zonder toestemming van Walentina Waluyanti als eigenaar van deze website. Tevens moet men dan voor niet-commerciële doeleinden mijn naam als de auteur vermelden. Commercialiseren van het werk van Walentina Waluyanti is verboden zonder schriftelijke toestemming van mij als schrijver / eigenaar van deze website en men zal bij overtreding van dit verbod instemmen met de juridische gevolgen hiervan.

Pasar Kaget di Hari Ratu

Walentina Waluyanti – Nederland

Danau dekat rumah? Ini tempat favorit saya. Di tepinya, saya suka berjalan-jalan menghirup udara segar. Suasananya asri dan sejuk. Di hari biasa, tempatnya selalu tenang. Paling hanya celotehan angsa, bebek, dan kicauan burung. Ataupun desau rimbunan tanaman dan pepohonan. Tapi hari itu pemandangan menjadi lain.

Tiba-tiba semua sudut menjadi pasar kaget. Sangat meriah. Setiap sisi jalan dipenuhi orang-orang yang menggelar barang-barang bekas. Hampir setiap orang mengenakan baju oranye, warna lambang kerajaan Belanda.

Ya, setiap tanggal 30 April, warna oranye menghiasi semua tempat di Belanda. Karena di hari itu seluruh Belanda merayakan Koninginnedag, atau Hari Ratu.

hariratu-1

Pengunjung pasar kaget menikmati udara cerah di teras-teras cafe di Grote Markt, Almere Stad (Foto: Walentina Waluyanti)

hariratu-2

Tepi danau pun jadi pasar kaget, Weerwater Almere (Foto: Walentina Waluyanti)

Setiap tahun, sudah ditetapkan kota yang bakal mendapat giliran sebagai pusat perayaan Hari Ratu. Misalnya tahun lalu, Hari Ratu dirayakan di propinsi Limburg, yaitu di Thorn en Weert. Tahun 2012 ini, Ratu Beatrix bersama rakyat di kota setempat, merayakan Koninginnedag di Rhenen en Veenendaal, propinsi Utrecht.

Koninginnedag tahun 2012 mungkin merupakan perayaan Hari Ratu yang paling berduka bagi Ratu Beatrix. Soalnya putranya, Pangeran Friso masih terus terbaring coma di rumah sakit. Pangeran Friso, putra kedua Ratu Beatrix mengalami kecelakaan tertimpa longsoran salju ketika ber-ski di Austria.  Nasib adik Pangeran Alexander tersebut belum bisa diprediksi. Tak diketahui, apakah Ratu Beatrix masih bisa melihat putranya akan pulih kembali.

hariratu-5

Koninginnedag 2012 di Rhenen en Veenendaal, Utrecht: Prinses Marilène, prins Willem-Alexander, prinses Máxima en koningin Beatrix (foto: ANP)

Sudah menjadi tradisi, di hari ini, hampir setiap rakyat Belanda ikut berpartisipasi menggelar pasar kaget. Mereka mengeluarkan barang-barang bekas apa saja dari rumah. Barang-barang itu kemudian digelar di jalan, atau di emperan pusat-pusat perbelanjaan. Barang yang dijual beraneka. Baju, sepatu, buku, sepeda, lampu, jam dinding, barang elektronik, lemari, kursi, komputer, alat dapur, perhiasan, tas, ... pokoknya apa saja yang memang ingin dibuang oleh pemiliknya. Harganya ditentukan suka-suka sendiri. Tentu dengan harga miring.

hariratu-4

Ban-ban bekas sepeda dan baju bekas campur aduk, juga dijual di emperan Centrum Almere Stad  (Foto: Walentina Waluyanti)

hariratu-3

Pasar kaget di Lumiere Park, Filmwijk Almere (Foto: Walentina Waluyanti)

Menarik juga, di hari itu saya jadi tahu semua wajah tetangga, yang biasanya jarang kelihatan. Saya juga jadi tahu barang-barang apa saja yang mereka punyai di rumah. Saya sendiri tidak pernah ikut ramai menjual barang-barang bekas yang ada di rumah. Sebetulnya sayang juga ya, barang-barang bekas selama ini, saya buang begitu saja.

Walentina Waluyanti

Nederland, 12 Mei 2012

Back

Add comment


Security code
Refresh

Diverse

 Asyiknya Lebaran Jadul

IMG 4172wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

History

Di Balik Matinya Hitler

hitler eva2

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Buku Walentina di Gramedia

Buku Walentina Waluyanti di Gramedia

walentina06

Read more

Written by Walentina Waluyanti

Bung Hatta

Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

DSC 0424wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Korban Hitler

Mengerikan! Rumah Jagal Pemusnah Manusia!

dachau013

Read More

 Written by Walentina Waluyanti

'Tembak Bung Karno'

Historic House

Berkunjung ke Rumah Karl Marx di Jerman

DSC 0180wm

Read More

Written by Walentina Waluyanti

Quote by Walentina Waluyanti

walentina avatar

"Jadilah penulis bermartabat, punya harga diri, dengan tidak menjiplak tulisan orang lain. Dengan pedang kehormatan dan harga diri, tulisan karya sendiri dapat mengangkat harkat penulisnya."

email: walentina@waluyanti.com