Corona di Belanda: UPDATE 9 April 2020

Total terinfeksi: 21.762 orang (+1.213)

Total meninggal: 2.396 orang  (+148)

Inilah Tanda Corona di Tubuh sampai Hari ke-17

Inilah gejala yang dialami orang yang terinfeksi virus corona menurut WHO, mulai dari hari pertama sampai hari ke-17.

Corona: Usai Koma 10 Hari,  Warga Sambut Meriah

Walentina Waluyanti – Belanda

Pada artikel sebelumnya telah ditulis tentang Sehraz Mohmand, remaja 16 tahun yang terkena corona dan terbaring di ruang ICU Rumah Sakit Erasmus MC Sophia Kinderziekenhuis in Rotterdam, Belanda. (Baca: Remaja 16 Tahun Ini Terbaring Koma di ICU).

Dokter Corona: Pasien Parah Tidak Langsung Masuk ICU

[25-3-2020] - Dokter Michael Frank (53) adalah seorang intensivist atau dokter spesialis yang menangani pasien yang menjalani perawatan di ICU. Dokter Michael Frank bertugas di garis depan menangani pasien corona, di Rumah Sakit Albert Schweitzer di Dordrecht, Belanda.

Corona di Belanda: Intelligent Lockdown

Walentina Waluyanti – Belanda

[23-3-2020] – Pemerintah Belanda maju mundur, mau putuskan lockdown atau tidak? Akhirnya toh diputuskan memakai istilah “intelligent lockdown”. Apa yang dimaksud dengan istilah “intelligent lockdown” ala Mark Rutte?

Corona: Betulkah Perkiraan Berapa Lama Wabah Ini Bersama Kita?

Walentina Waluyanti - Belanda

Tampaknya warga Belanda mulai gelisah. Banyak yang tak tahan dengan peringatan untuk sedapat mungkin tinggal di rumah. Apalagi dalam seminggu ini, matahari bersinar cerah. Belanda yang kerap dingin dan mendung, membuat orang tak tahan jika tak menikmati sinar matahari. Bisa dikatakan, menikmati sinar matahari sudah merupakan salah satu kemewahan gratis yang bisa dinikmati warga.

Bukan Pasien Depok, Bule Ini Pasien Pertama Corona di Indonesia (RSI Aisyiyah Malang)

Walentina Waluyanti – Belanda

PERINGATAN PADA PEMBACA: Artikel tentang kisah Joey Schouten di bawah ini, ditulis berdasarkan laporan beberapa media resmi di Belanda, di antaranya bndestem.nl ; ad.nl ; Eindhovens Dagblad. Setelah berita ini tersebar di whatsapp di Indonesia, ada klarifikasi dari RSI Aisyiyah Malang bahwa berita ini tidak benar, dengan alasan bahwa tidak pernah ada pasien bernama Helmonder Joey atau Joey Schouten. Perlu diketahui, "Helmonder" yang ditulis media Belanda itu bukanlah nama orang.  Helmonder itu dalam bahasa Belanda artinya "orang yang berasal dari kota Helmond". Dan Joey Schouten memang berasal dari kota Helmond. Sehingga media Belanda menyebut Joey Schouten sebagai "Helmonder" (berasal dari Helmond, tapi Helmonder itu bukan nama orang. 

Satu setengah bulan sebelum kasus corona pertama di Indonesia terdeteksi, seorang pemuda asal Belanda ternyata pernah dirawat di RSI Aisyiyah Malang di Jawa TImur, meskipun saat itu belum diketahui bahwa ia terkena corona. Pada 22 Januari, pemuda bule ini sudah menjadi pasien corona pertama di Indonesia, sebelum Presiden Jokowi mengumumkan pasien corona pertama dari Depok pada 2 Maret 2020.

Corona di Italia: Mayat Bertumpuk, Jumlahnya Melebihi Cina

 

Walentina Waluyanti – Belanda

Di Italia Utara, begitu banyak korban meninggal karena corona. Angka kematian, sudah melebihi angka yang terjadi di China. Sehingga pihak berwenang tidak tahu lagi di mana mereka harus meletakkan mayat. Upacara pemakaman sudah tidak ada lagi.

Corona: Remaja 16 Tahun Ini Terbaring Koma di ICU

Walentina Waluyanti - Belanda

Sehraz (16), sebelum terinfeksi corona, adalah anak laki-laki yang kuat, sehat, hampir tak pernah sakit.  Remaja dari Breda Noord Brabant Belanda ini terinfeksi virus corona. Sampai saat ini dia masih berbaring koma di ruamg ICU Rumah Sakit Anak-Anak Erasmus MC-Sophia. Alat bantu pernafasan masih harus membantu memperpanjang hidupnya. Selama anak ini belum bisa bernafas sendiri, dia sengaja ditidurkan.

Corona: 40.000 - 80.000 Warga Belanda akan Mati?

Walentina Waluyanti – Belanda

[19-3-2020] - “Dalam waktu dekat sebagian besar penduduk Belanda akan terinfeksi virus.” demikian kata PM Belanda Mark Rutte (16/3). Yang lebih mengejutkan, pemerintah Belanda terang-terangan menyatakan akan membangun “imunitas kelompok atau herd immunity”, yang berarti membiarkan lebih dari 50% warga terinfeksi corona. Kebijakan pemerintah ini hingga kini menuai banyak kritik dari dalam dan luar negeri.

Corona: Fotografer Mode Ini Mengisahkan Sakitnya

Ia bukan pasien yang berisiko dan jarang sakit. Tetapi sekarang fotografer mode dari Belgia, Zeger Garré (54) telah sangat dilemahkan oleh virus corona. Dari kamar rumah sakitnya, ia meminta semua warga yang sehat untuk mengikuti aturan, “Jangan menertawakan penyakit ini. Ini sangat buruk. Kalau Anda mengalami, rasanya sangat buruk."