Corona di Belanda: UPDATE 31 Maret 2020

Total terinfeksi: 12.595 orang (+845)

Total meninggal: 1039 orang  (+175)

Asal-usul Kata ‘Bule', Berawal dari Ejekan

Penulis@copyright: Walentina Waluyanti – Belanda

Main pukul rata saja. Begitulah sekarang ini seseorang begitu mudahnya disebut "bule", tanpa tahu asal mula maknanya. Jika tahu dari mana asal mula kata "bule" itu, rasanya lucu mendengar sebutan bule Afrika, bule Turki, bule Arab, bule Filipina.

Pemuda Maluku Ini Mendapat Gelar Pahlawan dari Kerajaan Belanda, Digilai Gadis Eropa

Penulis@copyright: Walentina Waluyanti – Belanda

Pilih mana? Berstatus WNI, tetapi bikin malu negara sendiri? Atau berstatus WNA berdarah Indonesia, tetapi ikut mengharumkan tanah kelahiran melalui prestasi? Melalui dua pemuda Ambon kelahiran Depok ini, nama Indonesia ikut dikenal. Mereka pernah memecahkan rekor penjualan piringan hitam terbanyak di dunia pada masanya.

Pertemuan Muram Sri Sultan, Lady Di dan Pangeran Charles

Penulis@Copyright: Walentina Waluyanti - Nederland

Salah satu lukisan karya saya adalah potret wajah Putri Diana (foto di bawah). Rasanya belum lengkap kalau tidak menulis tentang tokoh yang saya lukis itu. Nah, berikut ini kisahnya. 

Aryati! Aryati! Pengaruh Indonesia dalam Kultur Indisch di Belanda

Copyright @ Penulis: Walentina Waluyanti de Jonge - Nederland

Catatan: Saya menerima pertanyaan terkait kultur Indisch. Tulisan ini untuk menjawab pertanyaan yang dialamatkan kepada penulis, dari seorang filmmaker, Andino Firstianto. Jika pembaca ingin mengirim pertanyaan, mohon dikirim melalui kolom "contact" di website ini. Bukan melalui alamat email "This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it." yang sudah lama di-hack dan tidak bisa saya buka. Saya tidak punya akun Facebook, Twitter, Linkedln, juga sama sekali tidak aktif di Google Plus, mengingat kesibukan di antaranya menyusun buku bertema sejarah dan menyempatkan menulis teratur untuk website ini.

_______________________________________________________________________________________________________________________

Generasi sekarang ini sering memaksudkan kata “Indo” sebagai singkatan dari kata “Indonesia”. Namun sebetulnya sebelumnya, sejak zaman kolonialisme kata “Indo” adalah sebutan bagi mereka yang berdarah campuran Eurasia, terutama campuran Indonesia-Belanda. Gaya hidup orang-orang Indo di Hindia Belanda (belum bernama Indonesia) ini kemudian melahirkan kultur yang disebut “kultur Indisch”.

Babu Bugil di Paris, Anna the Javanese

Tulisan ini sudah dibukukan.

Penulis: Walentina Waluyanti –  Nederland

Catatan penulis: Memperingati Hari Ibu 22 Desember, tulisan ini adalah tribute bagi jutaan “Anna the Javanese” di Indonesia. Yaitu kaum ibu dan perempuan terpinggirkan.

Jusuf Kalla dan Tukang Becak (Beda Suku Bugis dan Makassar)

Copyright@Penulis: Walentina Waluyanti – Nederland

Catatan: Lukisan “Becak Makassar” di bawah ini adalah karya penulis Walentina Waluyanti.

Lukisan Walentina Waluyanti

Walentina Waluyanti – Nederland

Selain menuangkan pikiran melalui tulisan, saya juga suka berekspresi melalui lukisan. Saya suka melukis apa saja. Potret, pemandangan, manusia, abstrak, dekoratif batik, dan lain-lain. Sebagian dari lukisan saya, klik video di bawah ini.

Yvonne, Seniwati Yang Tak Lupa Akarnya

Penulis: Walentina Waluyanti – Nederland

Suatu hari saya menerima email salam perkenalan dari seorang ibu berusia 80 tahun. Suratnya mencerminkan kejernihan pikir dan kehangatan pribadinya. Dibumbui sedikit kata-kata Indonesia. Ibu berdarah Indo Belanda ini, namanya Yvonne, mengaku mengetahui nama dan email saya dari putranya, salah satu mahasiswa saya.

Jaim Rolling Stones, Resep Sukses

Dilarang plagiat! Copyright@Penulis: Walentina Waluyanti – Belanda

Penyanyi bibir dower itu gelisah. Pertunjukanakan segera dimulai. Tapi mana drummer itu? Kok belum muncul juga? Karena gelisah, Mick Jagger lalu bertanya ke setiap orang, “Mana drummer saya!?”.

Ngintip Lukisan di Bali

Copyright @ Penulis: Walentina Waluyanti – Nederland

Kondisi yang serba elok di Bali banyak menginspirasi seniman untuk membuat karya artistik yang tak ada habisnya. Saya sendiri yang senang melukis, kadang terinspirasi menjadikan seni budaya Bali sebagai obyek lukisan. Berikut ini contoh lukisan karya saya.

photo1-web

“Balinese Dancer” (by Walentina Waluyanti, 2008)-Copyright: Walentina Waluyanti- DON'T PRINT WITHOUT PERMISSION